7 Merk Ban Mobil Terbaik Dan Berkualitas Di Indonesia ( + Tips )

merk-ban-mobil-terbaik

Merk Ban Mobil Terbaik – Ban merupakan salah satu komponen yang sangat krusial bagi mobil. Sebagai penunjang mobilitas, kualitas ban yang bagus sangat dibutuhkan untuk kenyamanan berkendara.

Dalam memilih ban dengan kualitas terbaik tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan, tipe dan kondisi jalan yang anda lalui, hal itu dikarenakan ban memiliki teknologi serta desain alur yang berbeda beda.

Dengan pemilihan ban yang tepat, itu akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan anda dalam berkendara, bahkan bisa membuat ban jadi awet.

Setiap produsen ban mobil memiliki keunggulan serta inovasi yang diterapkan pada produk mereka, Saat ini, ada beberapa merk ban mobil terbaik yang dapat digunakan.

Macam-Macam Merk Ban Mobil Berkualitas di Indonesia

Karena produksinya sudah dikembangkan dari abad ke-19, ban memiliki begitu banyak merk dari berbagai belahan dunia. Namun, anda diharuskan untuk dapat memilih merk yang berkualitas dan sesuai dengan tipe mobilnya.

Inilah beberapa macam merk ban mobil terbaik di Indonesia:

1. Bridgestone

Ban mobil Bridgestone 1
Bridgestone Turanza T005A Touring

Sudah tidak diragukan lagi, Bridgestone akan menjadi pilihan merk ban terbaik pada list ini. Dikenal hingga seluruh dunia, Ban dengan merk Bridgestone sudah lama dikenal di Indonesia sebagai ban dengan kualitas terbaik. Saat ini, Bridgestone berusaha mengembangkan ban yang lebih ramah untuk lingkungan.

Bridgestone memiliki variasi ban untuk jenis mobil SUV, truk dan mobil komersial. Bagi pengendara yang menginginkan mobil dengan jenis run-flat tire, dapat memilih ban merk Bridgestone satu ini yang terbilang terbaik di kelasnya.

2. Michelin

ban mobil michelin pilot sport
Michelin Pilot Sport 4

Produsen ban asal prancis yang satu ini pasti sudah sangat familiar bagi anda. ya, ban dengan merk Michelin ini sering digunakan pada mobil kelas premium, hingga pertandingan balap internasional.

Michelin dikenal memiliki kualitas dan kemampuan seperti daya tahan dan rem yang lebih baik. Untuk anda yang memiliki mobil SUV, komersial, dan olahraga, direkomendasikan untuk menggunakan Michelin.

2. Goodyear

Ban Goodyear 1
Goodyear Assurance Duraplus 2

Sesuai dengan nama merknya, Goodyear adalah ban top-selling yang dikenal dengan ketahanannya. Ban merk ini cocok untuk segala jenis mobil bahkan mobil khusus off-road sekalipun.

Goodyear memiliki keunggulan dari segi rem, akselerasi, penanganan, hingga jalanan yang becek. Hal ini yang membuat Goodyear mampu bersaing dengan merk ban lainnya.

4. Pirelli

ban pirelli pzero vecchio
Pirelli P Zero

Merk yang didirikan sudah sekian lama di Italia ini, menyediakan ban berkualitas untuk mobil-mobil olahraga. Karena itu, ban Pirelli sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh atau balapan mobil.

Hal itu karena ban dengan merk Pirelli memiliki ketahanan yang kuat saat mobil melaju berkecepatan tinggi. Pengendara mobil akan merasakan keamanan dan kenyamanan dengan ban Pirelli.

5. Dunlop

Ban Mobil Dunlop
Dunlop Direzza DZ102

Produsen ban satu ini sudah berdiri sejak tahun 1995, Sudah sangat lama dikenal lama di Indonesia. Ban Dunlop memiliki compound yang lebih lembut dan daya redam yang lebih baik serta memiliki desain yang sporty.

Selain itu, Dunlop dipercaya mampu menghadapi jalan yang kering ataupun becek. Anda dapat memilih Dunlop untuk ban yang memiliki ketahanan bagus dengan harga yang murah.

6. GT Radial

ban mobil gt radial 2
GT Radial Champiro ECO

Jika anda pernah mendengar ban dengan merk GT Radial, maka anda tidak salah. GT Radial adalah manufaktur ban kelas atas yang berasal dari Indonesia. Bahkan, GT Radial sempat memeriahkan ajang MotoGP pada sirkuit Mandalika.

Meskipun buatan lokal, jangan meremehkan kualitas dari ban yang satu ini. GT Radial memiliki keunggulan yaitu ketahanan dan stabilitas saat berkendara. Karena berasal dari lokal, ban GT Radial memiliki pilihan ban yang paling murah.

7. Continental

ban mobil continental
Continental Winter Contact TS870P

Pilihan ban yang terakhir pada list ini adalah ban dengan merk Continental. Berasal dari pabrik di Jerman, Continental memproduksi ban yang berkualitas untuk mobil-mobil kelas atas. Dengan ban jenis run-flat tire, Continental sudah lama dipasarkan di Indonesia.

Apabila anda ingin menggunakan ban dengan merk ini, Continental cocok untuk menghadapi cuaca yang ekstrim. Misalnya, saat melalui jalanan yang becek atau berlumpur.

Baca Juga :

8 Merk Ban Motor Terbaik Dan Awet Cocok Untuk Harian Di Indonesia

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet Dan Terjaga Kondisinya

Setelah mengenal merk ban mobil terbaik, anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat ban mobil. Meskipun ban berkualitas tinggi, tetap saja akan cepat rusak apabila tidak dirawat dengan benar.

Berikut cara merawat ban mobil yang dianjurkan:

1. Pastikan Tekanan Angin Pada Ban

Anda dapat mulai dengan melakukan cek rutin pada tekanan angin ban. Tekanan angin pada ban dapat berkurang pada saat cuaca ekstrim, dan dapat berakibat fatal apabila tekanan angin menjadi terlalu sedikit.

2. Pastikan Membeli Ban Yang Sesuai

Ban yang tidak sesuai dengan mobil pengendara, akan memberikan efek yang besar pada penanganan dan kualitas tapak ban mobil. Karena itu, anda perlu memilih ban yang sesuai dengan mobil yang dimiliki.

3. Perhatikan Kondisi Tapak Ban

Tapak ban merupakan bagian yang penting pada ban, karena bagian itulah yang selalu menyentuh jalan. Seiring ban digunakan, tapak ban akan mulai menipis, sehingga dapat mengurangi daya rem dan kontrol mobil.

4. Tukar Posisi Ban Secara Teratur

Untuk memperlama umur dan kondisi ban, anda dapat menukar posisi ban setiap 5000-9000 km. Hal ini karena tingkat keausan pada ban bagian depan berbeda dengan belakang, karena ban depan bekerja lebih maksimal.

5. Pastikan Ban Mampu Menopang Muatan Mobil

Setiap ban memiliki kemampuan daya angkut yang berbeda-beda. Karena itu, pastikan jika mobil tidak memiliki muatan yang terlalu berlebih. Ban yang tidak mampu menopang muatan tersebut, dapat mempengaruhi rem dan belokan yang dilakukan.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai merk ban mobil terbaik, serta beberapa cara merawat ban mobil agar lebih awet.

Ban yang berkualitas tentu akan menjanjikan pengalaman berkendara yang baik bagi pengguna roda empat. Karena itu, anda perlu memilih ban yang terbaik dan sesuai tipe mobil.

Leave a Comment