Cara Pemasangan Aki Mobil Yang Benar

Cara pemasangan aki mobil yang benar
Ilustrasi cara pemasangan aki mobil

Cara pemasangan aki mobil yang benar dibutuhkan dalam proses pergantian, pengisian daya, dan perawatan aki mobil. Prosesnya dapat menjadi pengetahuan penting dalam rutinitas perawatan kendaraan dan persiapan menghadapi berbagai kondisi darurat.

Cara pemasangan aki mobil secara umum membutuhkan proses yang sama pada berbagai merk dan unit kendaraan. Prosesnya termasuk ke dalam keterampilan sederhana dan tidak membutuhkan banyak perangkat.

Pemasangan aki mobil umumnya dapat dilakukan bahkan oleh seorang tanpa pengalaman khusus. Hal tersebut tentu tetap memerlukan panduan yang akurat dan tetap memerhatikan seluruh aspek keamanan.

Persiapan Pemasangan Aki Mobil

Meski tergolong keterampilan sederhana, aktivitas pemasangan aki mobil tetap harus dilakukan dengan fokus dan konsentrasi. Selain itu, beberapa hal terkait pemasangan aki juga harus diperhatikan dengan baik.

Hal tersebut menentukan keamanan pemasangan dan hasil kerja pemasangan dalam jangka panjang. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam persiapan pemasangan aki mobil.

Baca Juga : Simak 5 Cara Jumper Aki Mobil Dengan Kabel Mudah dan Aman

1. Pemeriksaan Peralatan

Pastikan Anda memiliki perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk proses pemasangan aki mobil. Umumnya pemasangan aki mobil hanya membutuhkan kunci ring atau pass ukuran 10 serta sebuah obeng minus.

Meski sederhana, hindari menggunakan peralatan pengganti yang tidak sesuai. Hal tersebut beresiko merusak komponen mobil dan membahayakan pengguna. Selain itu, penggunaan peralatan yang tidak tepat dapat beresiko jangka panjang pada kendaraan Anda.

2. Memilih Tempat Aman

Lakukan proses pemasangan aki di tempat yang aman. Bersihkan terlebih dulu area sekitar untuk menghindari gangguan selama proses pemasangan aki. Hindari tempat basar dan dekat dengan air mengalir untuk keamanan.

3. Mengamati Kualitas Aki

Perhatikan kualitas aki. Lakukan pengisian daya atau pergantian unit jika sudah diperlukan. Memaksakan penggunaan aki yang sudah tidak maksimal performanya akan membahayakan kendaraan dan pengguna.

Jika diharuskan mengganti unit aki, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Adapun hal-hal tersebut antara lain:

  • Beli Unit di Outlet Terpercaya

Dapatkan rekomendasi tempat pembelian dari rekan, kerabat, dan berbagai media. Ulasan tentang pelayanan dan produk perlengkapan kendaraan dapat dengan mudah Anda temukan di internet. Hindari membeli tanpa memiliki referensi dan pengetahuan yang cukup.

  • Sesuaikan Aki dengan Tipe Kendaraan

Setiap tipe kendaraan memiliki spesifikasi jenis aki dan kapasitas yang ideal. Pembelian unit aki harus didasarkan pada pertimbangan tersebut. Hindari melakukan eksperimen kapasitas dan jenis aki pada kendaraan Anda.

Selain itu, belilah aki dengan merk yang memiliki reputasi dan alur publikasi teknis yang jelas. Pastikan Anda memiliki akses informasi, keluhan pelanggan, dan panduan umum dari merk yang dipilih. Hal tersebut akan sangat memudahkan jika terjadi kendala di masa depan.

  • Jangan Membeli Unit Bekas

Hindari pembelian unit aki bekas untuk kendaraan Anda. Meski penawaran menarik dari sisi harga, hal tersebut sangat beresiko bagi kendaraan. Bahkan anda beresiko mengeluarkan anggaran berkali lipat di masa depan atas pembelian unit bekas.

Baca Juga : Tips Dan Cara Memilih Aki Mobil Yang Bagus

Cara Pemasangan Aki Mobil

Seperti penjelasan sebelumnya, pastikan Anda telah memiliki peralatan yang sesuai untuk pekerjaan pemasangan aki mobil. Selain itu, atur dan tentukan tempat pemasangan aki mobil yang bersih, aman, dan jauh dari barang-barang berbahaya.

Setelah memiliki perlengkapan kerja dan berada di area yang aman, ikuti tahapan-tahapan cara pasang aki mobil yang benar berikut ini.

1. Buka Kap Mobil

Langkah awal dalam cara pemasangan aki mobil tentu saja membuka kap mobil. Jika sebelumnya kendaraan masih memiliki unit terhubung, pastikan kap dibuka dalam keadaan kelistrikan dan mesin mati. Membuka kap dalam kondisi mesin hidup akan berbahaya bagi kendaraan dan pihak yang melakukan kegiatan di sekitarnya.

Jika masih terdapat unit yang terhubung, lakukan prosedur pelepasan aki sebelum memasang unit baru. Lalu tempatkan aki bekas atau unit lama di tempat yang aman.

2. Memasang Unit dan Bracket

Tempatkan unit pada bagian yang tersedia di kap mobil. Anda juga perlu mengetahui kutub positif dan negatif dari unit aki. Hal tersebut dapat diketahui dari buku panduan, kemasan, dan informasi pada badan aki.

Umumnya kutub positif memiliki penutup pengaman tambahan dengan warna merah. Lalu posisikan masing-masing kutub pada kabel penghubung yang sesuai di dalam tempat yang tersedia. Pastikan belum ada kabel yang terhubung dalam proses tersebut.

Umumnya kendaraan memiliki pengaman tambahan pada unit aki yang dipasang. Pengaman tersebut berupa bracket yang memiliki beberapa pasang baut agar aki dapat berada di posisinya dengan baik. Jika tersedia, kencangkan masing-masing baut untuk menjaga posisi tetap pada tempatnya.

3. Memasang Kabel Pada Kutub Aki

Setelah unit aki berada pada posisi dan tempat yang benar, hubungkan kabel dengan kutub aki. Namun dalam prosesnya, hal tersebut harus dilakukan secara berurutan. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut.

  • Pasang kabel yang sesuai pada kutub positif aki terlebih dahulu. Pasang kunci pengaman dan kencangkan pengait kabel pada kutubnya. Beberapa tipe kendaraan memiliki kabel tambahan yang dipasang berdampingan dengan pengait.
  • Jika kabel dan kutub positif telah terhubung, selanjutnya pemasangan beralih pada kabel dan kutub negatif. Pasangkan pengait kabel pada kutub negatif dan kencangkan kunci yang tersedia. Pada tahap ini, pemasangan sudah selesai dan dapat dilanjutkan pada pengujian aliran listrik.

4. Menguji Pemasangan

Untuk menguji pemasangan, Anda bisa mencoba menyalakan kendaraan dengan prosedur seperti biasa. Pemasangan berhasil jika kelistrikan sudah terhubung dengan baik dan dapat mendukung aktivitas mesin.

Baca Juga : 5 Merk Aki Mobil Yang Bagus Dan Awet ( TERBUKTI )

Cara Melepas Aki Mobil

ilustrasi cara melepas aki mobil yang benar

Tata cara melepas aki mobil terkadang juga menjadi prosedur yang tidak terpisahkan dengan cara memasang aki mobil. Hal tersebut lumrah dibutuhkan dalam proses pergantian.

Secara umum proses melepas aki mobil tidak jauh berbeda dengan cara memasangnya.

Perbedaan utama cara melepas dengan cara memasang aki mobil adalah pada urutan melepaskan kabel pengait dengan kutub unit.

Dalam proses melepas unit aki, pengait kabel yang dilepaskan terlebih dahulu dimulai dari kutub negatif. Selain perbedaan tersebut, seluruh prosedur lain dapat berjalan serupa.

Aplikasi Melepas dan Memasang Aki Mobil

Cara memasang aki mobil ataupun melepasnya dibutuhkan dalam proses perawatan kendaraan. Beberapa proses yang membutuhkan prosedur tersebut antara lain:

  • Pergantian Unit;
  • Pengisian Daya; dan
  • Perawatan Khusus.

Proses melepas dan memasang aki mobil umumnya diterapkan pada proses pergantian unit. Proses tersebut berlaku sama pada berbagai tipe kendaraan, termasuk cara mengganti aki mobil Avanza, cara mengganti aki mobil Innova, dan berbagai tipe lainnya.

Cara mengganti aki mobil Innova sepenuhnya serupa dengan panduan umum yang telah diberikan. Perhatian utama ditempatkan pada urutan melepas dan memasang kabel pengait pada kutub unit aki. Proses yang sama juga diaplikasikan dalam cara mengganti aki mobil Avanza.

Penutup

Panduan cara mengganti aki mobil merupakan pekerjaan yang sederhana dan dapat dilakukan dalam waktu singkat. Perhatian utama dalam prosesnya berada pada kelengkapan peralatan, kemanan tempat kerja, serta urutan pemasangan kabel. ***

Leave a Comment