Semua Jenis Jenis Ban Mobil yang Wajib Diketahui, AT MT HT dan Lainnya

Jenis Jenis Ban Mobil

Apakah anda adalah pengguna mobil? Pastikan untuk memahami semua bagian yang ada di mobil anda ya. Salah satunya yang perlu diketahui adalah jenis-jenis ban.

Mengapa harus memahami hal tersebut? Karena dengan memahami jenis ban, ketika anda akan mengganti ban mobil, Anda dapat memilih jenis ban sesuai dengan kebutuhan.

Ilmu yang sederhana tetapi wajib sekali untuk dimiliki. Lalu apa saja jenis jenis ban mobil yang bisa anda ketahui?

11 Jenis Ban Mobil Sesuai Kegunaan di Berbagai Medan Jalan

Salah satu pertimbangan dalam memilih ban mobil adalah jenis ban. Lalu, apa saja sih jenis ban mobil itu? Sebenarnya ada banyak jenis ban mobil yang di desain untuk berbagai kebutuhan dan disesuaikan dengan tipe mobilnya. Contohnya jenis ban mobil AT, MT, HT, Radial, Bias, Tubeless dan masih banyak lainnnya.

Baca Juga : 7 Merk Ban Mobil Terbaik Dan Berkualitas Di Indonesia

Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang jenis jenis ban mobil, Mari simak ulasan lengkapnya.

1. All Terrain / AT

Jenis Ban AT
Contoh Ban Jenis AT

Jenis ban mobil yang satu ini merupakan jenis ban yang di desain untuk perjalanan di berbagai medan. Jenis ban AT  ini bisa digunakan pada jalan aspal dan juga jalan tanah namun tidak terlalu ekstrim seperti perkebunan.

Namun tidak cocok untuk digunakan pada jalan pertambangan yang terdapat banyak bebatuan atau medan off road dengan tanah berlumpur yang licin. Efeknya ban tidak mempunyai daya cengkeram pada kondisi jalan seperti itu.

Biasanya mobil yang menggunakan ban ini adalah mobil jenis SUV. Karena mobil ini merupakan jenis mobil yang dipakai harian dan mampu melewati berbagai jenis medan jalan.

Jenis ban AT mempunyai alur atau pola tapak yang dalam sehingga akan menimbulkan suara yang relatif bising jika digunakan pada jalan aspal. Namun ban ini sangat baik dalam kondisi jalan basah yang terdapat genangan air.

2. Mud Terrain / MT ( Off Road )

Jenis Ban MT atau Off Road
Contoh Ban Jenis MT

Jenis ban mobil MT di desain khusus untuk digunakan pada mobil tipe off road seperti mobil Jeep Wrangler, Jeep Cherokee, Toyota Hardtop, Suzuki Jimny, Daihatsu Taft dan masih banyak lainnya.

Ban ini mempunyai kemampuan melewati jalan yang ekstrim seperti tanah, lumpur dan jalan yang memiliki banyak bebatuan seperti sungai yang dangkal dan  juga pertambangan.

Jenis ban ini mempunyai ciri khas pada desain alur atau pola tapak ban nya yang memiliki ukuran besar dan menonjol serta celah yang lebar. Desain tersebut bertujuan khusus agar saat melewati medan yang ekstrim tetap menghasilkan daya cengkeram yang kuat.

Kelemahan ban jenis ini adalah tidak cocok digunakan pada jalan On road atau beraspal. karena ban ini akan benar-benar berisik dan perjalanan anda akan terganggu karena tidak senyaman menggunakan jenis jenis ban khusus untuk on road

3. Highway Terrain / HT

Jenis Ban HT
Contoh Ban Jenis HT

Jika mobil anda sering di gunakan pada jalanan perkotaan dengan permukaan aspal atau beton yang rata, Maka jenis ban HT sangat disarankan untuk anda. Yap! Ban mobil yang satu ini memang di desain khusus untuk kenyamanan pada pemakaian on road

Mobil-mobil yang sering menggunakannya adalah mobil dengan jenis city car seperti sedan, MPV, Hatchback, dan jenis-jenis lainnya. Terkadang jenis ban HT ini juga lumayan sering digunakan untuk menjadi ban mobil sport.

Jenis ban HT mempunyai desain alur atau pola tapak yang cenderung lebih rapat jika dibandingkan dengan ban mobil jenis AT dan MT. Hal itu bertujuan agar ban memliki daya cengkeram yang maksimal di jalanan aspal.

Keunggulan ban jenis ini adalah suara yang senyap sehingga sangat nyaman digunakan serta dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi.

4. Comfort

Jenis Ban Comfort
Contoh Ban Jenis Comfort

Jika tadi telah dibahas tentang jenis ban AT MT HT, Maka saatnya membahas ban mobil yang hampir mirip dengan salah satu jenis ban yang di atas. Ban mobil ini bernama Comfort yang memiliki kemiripan dengan jenis ban HT.

Perbedaannya yang sangat mendasar dari jenis ban ini dibandingkan dengan ban HT adalah daya cengkram yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan terbuat dari karet yang tebal dan memiliki alur yang sangat rapat.

Jenis ban comfort memiki beberapa keunggulan seperti tahan terhadap panas, tahan lama serta dapat menyerap kebisingan sehingga dapat menghasilkan ketenangan dan kenyamanan berkendara.

5. Performance

Jenis Ban Performance
Contoh Ban Jenis Performance

Salah satu jenis jenis ban mobil yang sebenarnya sering digunakan untuk mobil balap adalah jenis ban performance. Ban mobil yang satu ini dirancang untuk menghasilkan performa maksimal dari mobil tipe sport yang anda punya.

Ban jenis ini memliki desain pola tapak yang unik dengan senyawa karet sehingga menghasilkan kendali dan traksi yang sangat baik serta stabil pada kecepatan tinggi dan juga saat menikung.

Yang membedakan dari jenis comfort adalah jenis performance memiliki pola alur yang lebih sedikit sehingga lebih dikhususkan untuk trek jalanan aspal yang kering. Namun ketika sedang digunakan di aspal yang basah, ban jenis ini tetap memberikan keamanan dengan pengereman yang baik.

6. Eco

Jenis Ban Eco
Contoh Ban Jenis Eco

Ban jenis Eco merupakan ban ramah lingkungan yang dirancang sebagai pilihan untuk anda yang menginginkan konsumsi bahan bakar lebih hemat namun tetap mendapatkan kinerja yang bagus.

Desain dari ban ini lebih di khususkan untuk tipe mobil penumpang kecil sampai menengah untuk pemakaian sehari hari.

Baca Juga : 6 Cara Baca Kode Ban Mobil yang Benar

7. Run Flat Tire

Jenis Ban RFT / Run Flat Tire
Contoh Ban Jenis Run Flat Tire

Jenis ban mobil Run Flat Tire dirancang dengan teknologi tinggi yang berfungsi ketika ban mengalami kebocoran dan tekanan angin habis sampai tekanan 0 psi, ban ini masih mampu dipakai jalan hingga kecepatan 80 km/jam. Sehingga anda bisa mencari tempat aman untuk berhenti.

Ban jenis ini memiliki konstruksi yang sangat kuat di bagian dinding samping ban sehingga mampu menahan beban yang berat walaupun tekanan anginnya habis.

Selain keunggulan di atas, Ban RFT ini juga dapat membuat anda lebih tenang ketika berkendara khsususnya saat ban mengalami kebocoran.

8. Spare Tire

Spare Tire atau Ban Cadangan
Contoh Ban Cadangan (Spare Tire)

Jenis ban Spare Tire atau yang lebih dikenal dengan sebutan ban cadangan atau ban serep ini merupakan jenis ban berdasarkan fungsinya. Ban ini dirancang untuk membantu anda ketika mengalami masalah pada ban utama, seperti bocor, sobek dll.

Ada dua tipe pada ban jenis spare tire, yaitu Temporary Space Saver dan Full Size. Temporary space saver merupakan ban yang di desain khusus dengan velg berbeda dengan kemampuan melaju sampai 50 km/jam saja. Sedangkan tipe full size adalah ban dengan velg yang sama persis seperti standar bawaan mobil.

9. Tubeless

Kalau yang satu ini, pasti anda mengetahuinya. Jenis ban yang satu ini tidak hanya digunakan pada ban motor saja, tapi untuk ban mobil pun ada. Pada dasarnya jenis ban yang satu ini tidak menggunakan ban dalam.

Tipe Ban Tubeless

Memang apa sih fungsinya tanpa menggunakan ban dalam? Nah ban tubeless ini dapat memiliki fungsi sebagai penahan angin sehingga ketika digunakan tidak ada kebocoran angin ketika tertusuk benda tajam.

Sehingga kendaraan mobil tidak akan kehilangan angin secara tiba-tiba, namun secara perlahan tertahan hingga akhirnya kempis.

10. Radial

Berbeda dengan jenis jenis ban mobil diatas, Ban Radial merupakan jenis ban berdasarkan kontruksinya. Disebut demikian karena pemasangan seratnya menyilang pada lingkar ban (Radial)

Ban jenis radial memiliki keunggulan seperti lebih lunak sehingga ketika digunakan ban tidak cepat panas. Ban radial sering digunakan pada mobil pribadi ataupun niaga seperti jenis truk ringan (Pick Up)

Kontruksi Ban Radial dan Bias

11. Bias

Masih sama dalam kategori ban berdasarkan kontruksinya. Ban Bias memiliki desain serat yang dipasang secara miring (Bias). Menjadikannya lebih sederhana dibandingkan dengan ban radial.

Desain tersebut menjadikan dinding samping ban sangat kuat sehingga jenis ban bias mampu menahan beban yang sangat berat dalam waktu yang lama. Biasanya ban bias sering dipakai untuk alat berat di pertambangan, pertanian dan lain lain.

Baca Juga : Jenis Jenis Oli Mobil dan Fungsinya

Jenis Alur Ban Mobil

Pada dasarnya alur pada ban ini bertujuan untuk menghasilkan daya cengkram dan dapat meningkatkan kecepatan mobil sesuai dengan medan yang dilalui. Jenis alur pada ban mobil memliki desain dan keunggulan masing masing.

Berikut ini adalah beberapa jenis alur ban mobil yang umum dan banyak diproduksi oleh perusahaan ban.

1. Alur Ban Simetris

Jenis Alur Ban Simetris
Pola tapak di kedua sisinya sama

Pola alur simetris pada ban mobil ditandai dengan pola pada permukaan karet paling luar berbentuk simetris atau sama pada kedua sisinya, baik dibagian sisi dalam maupun sisi luar ban.

Jenis pola simetris banyak dipakai diberbagai model mobil, karena jenis pola ini memliki beberapa keunggulan salah satunya suara yang tidak bising sehingga memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Desain alur simetris memliki pola uraian bergelombang yang berguna sebagai aliran pembuangan air ketika kondisi jalan basah, hal ini sangat penting untuk menjaga daya cengkeram ban tetap maksimal dan mencegah  mobil tergelincir karena aquaplaning.

Selain itu, Pola simetris  juga bisa dipakai untuk berbagai arah berbeda sehingga memberikan kemudahan untuk melakukan rotasi pada ban.

2. Alur Ban Asimetris

Alur Ban Asimetris
Pola tapak berbeda antara sisi dalam dan sisi luar

Berkebalikan dengan pola alur simetris, Pola alur asimetris mempunyai desain yang berbeda pada kedua sisinya. Pada sisi bagian dalam ban memiliki desain pola yang lebih banyak dibanding  sisi luar ban.

Desain pola yang banyak pada sisi bagian dalam memiliki tujuan agar daya cengkeram ban lebih kuat ketika ban melintas di jalan yang basah. Sedangkan pola sedikit pada bagian luar ban bertujuan memaksimalkan kontak di permukaan jalan.

Jenis pola ban asimetris juga memiliki keunggulan saat menikung dalam kecepatan tinggi, karena daya cegkeram yang dihasilkan sangat kuat.

Ketika anda memlih jenis pola asimetris, pastikan pemasangan sudah tepat. Karena memiliki pola yang berbeda pada sisi dalam dan luar, Sisi bagian dalam tidak bisa dipasang untuk sisi bagian luar, begitupun sebaliknya.

3. Alur Ban Directional

Alur Ban Directional atau Searah
Pola tapak searah membentuk huruf V

Selanjutnya ada pola alur directional, Jenis pola ini ditandai dengan alur berbentuk V atau seperti arah panah. Pola ini  banyak disukai karena memiki kemampuan yang sangat baik di berbagai kondisi.

Ketika dalam kondisi jalan basah, Pola jenis ini dapat memecah air dan mengalirkannya dengan sangat baik. Sehingga akan mengurangi resiko terjadinya aquaplaning. Namun pada jalan kering juga daya cengkeram yang dihasilkan tetap maksimal.

Pada jenis pola ban directional terdapat tanda panah pada sisi sisi ban sebagai petunjuk arah rotasi ban. Anda bisa melakukan rotasi dengan bebas namun harus sesuai dengan arah yang tertera pada ban tersebut.

4. Alur Ban Semi Slick

Alur Ban Semi Slick
Pola tapak sedikit & celah lebih lebar

Ban semi slick biasa digunakan bagi para pecinta mobil, khusunya bagi anda yang menginginkan performa berkendara di jalan dengan memaksimalkan kapasitas mobil.

Pola tapak ban semi slick di desain dengan sedikit alur namun memiliki celah yang lumayan lebar. Ban jenis ini memiliki kompon spesial untuk menghasilkan daya cengkeram maksimal bahkan saat menikung dan pengereman berat.

Walaupun ban semi slick boleh digunakan di jalan raya, namun ban ini kurang cocok untuk dipakai harian karena kurang mencekeram saat kondisi jalan basah, kompon lebih cepat habis dan terasa lebih keras.

5. Alur Ban Slick

Alur Ban Slick
Pola tapak halus/polos

Jenis alur ban mobil yang terakhir ada ban slick. Ban slick adalah ban khusus yang digunakan untuk kompetisi balap seperti F1 dan MotoGP. Pola tapak ban ini di desain halus/polos yang ditujukan khusus untuk permukaan jalan yang sangat kering.

Struktur dan  kompon yang digunakan pada ban ini dirancang khusus untuk memaksimalkan kontak atau traksi dengan permukaan jalan.

Sehingga menunjang performa mobil ketika dipacu pada kecepatan tinggi, namun saat menikung pun ban ini tetap mempunyai daya cengkeram yang sangat baik.

Baca Juga : 12 Nama Komponen AC dan Fungsinya Lengkap

Bagaimana, apakah anda sudah memahami pembahasan di atas? Diharapkan anda sudah mengerti sedikit banyaknya tentang jenis jenis ban mobil. Sehingga ketika anda akan mengganti ban mobil, dapat memilih jenis ban sesuai dengan tipe mobil dan kebutuhannya.

Setelah anda menentukan jenis ban, pertimbangan berikutnya adalah memilih merk ban mobil terbaik. Hal itu penting yang nantinya akan membuat mobil anda terlihat keren dan juga mendapatkan performa maksimal karena pemilihan merk ban yang tepat.

Banyak produsen ban mobil di Indonesai yang sudah sangat familiar dan mempunyai produk ban mobil terbaik seperti Bridgestone, Dunlop, Pirelli, Accelera, Goodyear, Michelin, Yokohama, Hankook dan masih banyak lainnya.

Semoga informasi ini membantu yaa…