6 Cara Baca Kode Ban Mobil yang Benar

Walaupun sudah berkali-kali ganti ban mobil, namun tak sedikit juga yang masih belum mengerti cara baca kode ban mobil dengan benar. Padahal jika tahu hal ini, tentu saja akan bermanfaat bagi kamu untuk bisa memilih ban yang sesuai dengan mobilmu.

Selain itu manfaat lainnya jika kamu sudah tahu hal ini, kamu pun bisa memberikan rekomendasi yang tepat kepada teman atau keluarga yang mungkin saja akan melakukan penggantian ban dalam waktu dekat. Lalu seperti apa sih cara baca kode ban mobil yang benar itu?

Bagaimana Membaca Kode Ban Mobil yang Benar

Pada umumnya sebuah ban mobil akan memiliki 13 kode yang terdiri dari kombinasi angka, huruf, dan tambahan satu buah garis miring (/). Kode tersebut dicantumkan bukanlah tanpa makna, melainkan memberikan informasi mulai dari ukurannya, diameter ban, batas kecepatan yang diperbolehkan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 7 Merk Ban Mobil Terbaik Dan Berkualitas Di Indonesia

kode ban mobil lengkap

Contoh kode ban yang mungkin saja kamu temui adalah 195 / 55 R 16 87 H. Setiap angka dan huruf yang dipisahkan oleh spasi tersebut memberikan suatu informasi yang berbeda-beda. Dari pada penasaran, yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

1.  Tiga Angka Awal Menginformasikan Lebar Ban

Informasi yang pertama kali bisa kamu dapatkan dari kode yang tertera pada ban mobil adalah lebar bannya. Dikarenakan satuan yang digunakannya milimeter, maka pada ban mobil dengan kode 195 / 55 R 16 87 H itu artinya lebar ban mobilnya adalah 195 mm.

2.  Dua Angka Setelah Garis Miring Menunjukan Ketebalan Ban

Sesudah tanda garis miring terdapat angka 55 yang menginformasikan ketebalan dari ban itu sendiri. Angka tersebut tidak sembarangan ada melainkan didapat dari 55% nya telapak ban ( 195 ) hasilnya sekitar 107.25 milimeter.

3.  Huruf yang Tertera Di Tengah Kode Menunjukan Jenis Konstruksi Ban

Ada berbagai jenis konstruksi ban yang bisa kamu temui pada sebuah ban. Jika mengacu pada bagaimana sebuah ban dikonstruksi dari jalinan benang yang menyusunnya, maka jenisnya dibedakan menjadi radial dan juga diagonal.

Kode R yang tercantum pada contoh diatas menunjukkan tipe ban tersebut adalah radial. Sementera jika jenisnya diagonal akan tercantum kode D.

4.  Dua Angka Setelah Huruf Menginformasikan Diameter Velg Mobil

Cara baca kode ban mobil selanjutnya yang harus kamu tahu yaitu untuk mengetahui besaran diameter velg dalam satuan Inchi.

Pada contoh diatas terdapat angka 16 yang artinya ban tersebut dibuat untuk mobil yang memiliki diameter velg 16 inchi.

5.  Dua Angka Terakhir Menunjukkan Kemampuan Ban dalam Menahan Beban

Informasi lainnya yang dapat kamu ketahui dari kode yang tertera pada ban adalah kemampuan maksimum suatu ban dapat menahan beban. Angka terkecil yang bisa kamu jumpai pada bagian ini adalah 60 dan terbesarnya 139.

Semakin tinggi kode ini, maka menginformasikan bahwa ban tersebut mampu menahan beban dalam jumlah yang sangat besar. Hanya saja kita tidak bisa langsung memberikan kesimpulan dari kode tersebut melainkan harus melihatnya pada tabel ketentuan yang berlaku. Misalnya saja ban dengan kode 87 artinya mampu menahan total beban maksimal seberat 545 kg.

6.  Huruf Terakhir Pada Kode Ban Menunjukan Kecepatan

Kode ban kecepatan bisa dilihat pada huruf terakhir yang tertulis dalam keseluruhan kode. Ada banyak sekali huruf yang bisa tertera pada bagian ini. Untuk mengetahui besar kecepatan maksimalnya, maka bisa melihat tabel yang menjadi acuan.

Misalnya saja kode V pada ban mobil sebagaimana pada contoh menunjukkan bahawa batas kecepatan maksimal yang bisa ditempuh adalah 240 km/jam. Sementera itu kode H pada ban mobil kecepatan maksimumnya lebih rendah lagi karena hanya 210 km/jam.

Baca Juga : 8 Merk Ban Motor Terbaik Dan Awet Cocok Untuk Harian Di Indonesia

Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil

Selain serangkaian kode yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada ban mobil juga akan tertulis 4 angka yang menunjukan kapan sebuah ban tersebut diproduksi. Lalu apa makna dari 4 angka tersebut?

1.  Dua Angka Pertama Menunjukkan Minggu Produksi Ban

Saat ban mobil kamu sudah gundul dan memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru. Tentu saja kamu menginginkan ban mobil keluaran atau produksi terbaru.

Nah untuk mengetahui hal ini, kamu bisa lihat 2 angka pertama pada kode yang tertulis pada ban. Jika ada ban bertulisan 33XX, maka ban tersebut diproduksi pada minggu ke 33 di tahun tertentu.

2.  Dua Angka Terakhir Menunjukan Tahun Berapa Ban Tersebut Diproduksi

Dua kode pertama yang menunjukan minggu pada kode produksi ban akan diikuti oleh dua kode berikutnya. Kode inilah yang menunjukkan tahun berapa ban tersebut dibuat oleh perusahaan.

Misalnya saja melanjutkan contoh yang sebelumnya. Jika kode produksi memperlihatkan angka 3320, itu artinya ban tersebut diproduksi pada tahun 2020 di minggu ke 33.

Sehingga apabila dihadapkan pada dua pilihan ban dengan kode 1120 dan 1022, tentu saja kamu akan memilih ban mobil barumu yang berkode produksi 1022. Hal ini dikarenakan ban dengan kode produksi tersebut artinya lebih baru dibandingkan dengan ban yang satunya.

Baca Juga : Semua Jenis Jenis Ban Mobil yang Wajib Diketahui, AT MT HT dan Lainnya

Nah itulah informasi seputar cara baca kode ban mobil yang baik dan benar. Setelah membaca ini tentu saja kamu tidak akan kebingungan lagi ketika hendak membeli ban mobil baru yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Share :

Artikel Terkait

Leave a Comment

error: Content is protected !!