Tips Dan Cara Memilih Aki Mobil Yang Bagus

Tips Memilih Aki Mobil Yang Bagus

Aki mobil yang bagus akan sangat bergantung pada tipe mobil yang Anda miliki. Pemilihan aki mobil tersebut tidak dapat dilakukan sembarangan. Sebab tanpa performa aki mobil yang bagus, kendaraan tidak dapat berfungsi maksimal.

Aki mobil yang bagus berpengaruh besar pada kelistrikan di dalam kendaraan. Hal tersebut berhubungan dengan fungsi lampu, klakson, dan berbagai fitur utama kendaraan. Sehingga sangat penting agar Anda mengetahui cara memilih aki mobil terbaik untuk kendaraan.

Tips Memilih Aki Mobil Yang Bagus dan Awet

Cara memilih aki mobil yang bagus ditentukan oleh beberapa faktor. Pertimbangan tersebut termasuk pada tempat pembelian, kebutuhan dasar kendaraan, jenis aki, kapasitas, dan pilihan merk terbaik.

1. Beli di Toko Terpercaya

Langkah perdana untuk mendapatkan aki mobil yang bagus adalah membeli dari outlet atau toko terpercaya. Pemilihan toko akan berdampak pada transparansi informasi yang Anda terima. Selain itu, toko yang baik memberikan dukungan agar aki dapat terpasang dan memiliki performa maksimal bagi kendaraan.

Hindari pembelian pada outlet yang tidak memiliki struktur layanan yang jelas. Utamakan mendapatkan ulasan terlebih dulu dari rekan, kerabat, atau setidaknya media sosial. Hal tersebut akan sangat bermanfaat dan memberi pengalaman pembelian terabaik untuk Anda.

Baca juga:

Cara Pemasangan Aki Mobil Yang Benar

2. Mengenali Jenis Aki

Terdapat beberapa jenis aki mobil yang beredar di pasaran. Masing-masing tipe aki memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri. Hal tersebut berhubungan dengan cairan elektrolit, tingkat penguapan, bahkan harga unit.

  • Aki Basah

Aki basah merupakan jenis aki paling populer dan sangat mudah ditemukan di berbagai toko perlengkapan kendaraan. Aki basah merupakan pilihan aki mobil yang bagus untuk berbagai tipe kendaraan.

Sebutan aki basah merujuk pada cairan asam sulfat yang berfungsi sebagai elektrolit dalam aki tersebut. Aki basah menggunakan jenis timah yang mudah menguap. Hal tersebut membuat air aki biasanya habis dalam durasi yang cukup cepat. Sehingga Anda perlu memeriksa volume air aki secara rutin untuk keperluan isi ulang.

  • Aki Kering

Bersama jenis aki basah, tentu ada aki kering untuk kebutuhan kelistrikan kendaraan. Bedanya, aki kering dan aki basah terletak pada jenis timah yang digunakan. Aki kering menggunakan timah yang lebih hemat dan tidak mudah menguap.

Aki kering bisa Anda gunakan tanpa prosedur pemeriksaan volume air aki. Selain itu, aki kering juga tidak perlu diisi ulang seperti aki basah. Jika dipertanyakan, “aki mobil yang bagus kering atau basah,” maka aki kering lebih unggul dari sisi kemudahan perawatan. Namun aki basah lebih unggul dalam faktor harga.

  • Aki Kalsium

Aki kalsium merupakan salah satu jenis aki yang bagus untuk kendaraan Anda. Jenis aki kalsium memiliki kutub dari bahan kalsium. Bahan tersebut sangat rendah tingkat penguapannya dibanding semua jenis aki lain.

Bahan kalsium juga dapat mengalirkan listrik dengan sangat baik. Namun jenis aki kalsium cukup sulit di temukan di berbagai toko perlengkapan mobil. Selain itu, harga aki jenis ini juga tergolong cukup mahal.

  • Aki Hybrid

Aki tipe hybrid merupakan jenis aki basah yang sudah siap pakai. Aki tipe ini memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan aki basah konvensional seperti tipe premium.

Selain itu, aki jenis hybrid juga memiliki harga yang cukup terjangkau serta biaya perawatan yang lebih hemat karena penguapan yang minim.

Namun cairan pada jenis aki hybrid dapat menimbulkan karat pada logam. Sehingga menghadirkan resiko kerusakan pada komponen mesin di sekitarnya.

  • Aki Gel

Aki gel merupakan salah satu solusi kelistrikan kendaraan terbaik yang ada saat ini. Aki gel menggantikan cairan elektrolit pada berbagai aki jenis lain dengan gel. Hal tersebut juga menjadi nama umum jenis akit tersebut.

Aki gel tidak memiliki cairan korosif yang membahayakan mesin kendaraan. Sehingga penggunaannya cukup aman untuk berbagai tipe kendaraan. Selain itu, aki gel juga mudah dirawat dan bisa bertahan cukup lama.

Baca Juga :

Daftar Harga Aki Mobil GS Astra, Lengkap dan Terbaru 2022!

3. Memantau Kapasitas Aki

Kapasitas aki dapat diketahui melalui badan unit dan tutup segel aki. Pastikan mengganti unit aki dengan kapasitas yang sama. Secara umum, terdapat beberapa ukuran kapasitas aki pada kendaraan komersil, antara lain 35A, 40A, 45A, dan 60A.

Masing-masing kapasitas dipilih sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi teknis kendaraan. Jangan mengganti unit aki dengan kapasitas yang berbeda. Mintalah bantuan montir dan teknisi untuk memastikan hal tersebut.

4. Pilih Merk Yang Dipercaya

Terdapat berbagai merk aki yang bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan kendaraan. Pilihlah merk yang memiliki reputasi baik, dukungan teknis lengkap, dan layanan pelanggan bertanggung jawab. Pemilihan aki mobil yang bagus dan awet juga dapat berawal dari pilihan merk kepercayaan.

Berbagai merk aki juga memiliki keunggulannya masing-masing. Dapatkan informasi tersebut melalui media sosial, ulasan pelanggan, dan halaman resmi perusahaan. Adapun merek aki mobil yang bagus dan banyak dipercaya masyarakat antara lain:

  • GS Astra;
  • Yuasa;
  • Incoe;
  • GForce;
  • Delkor;
  • Massiv;
  • Motolite;
  • Global Battery;
  • Amaron; dan
  • Optima.

Baca Juga :

5 Merk Aki Mobil Yang Bagus Dan Awet ( TERBUKTI )

Selain brand di atas, terdapat banyak merek aki mobil yang bagus juga dari produsen lainnya. Sebagian besar brand lain juga memiliki produk aki mobil dengan kualitas dan harga kompetitif. Pilih merk aki sesuai referensi dan rekomendasi montir yang Anda percaya.

Seringkali juga terdapat pertanyaan seperti ‘aki GS vs Yuasa bagus mana?’. Jawaban atas pertanyaan tersebut tentu kembali pada pilihan jenis, kapasitas yang dibutuhkan, dan juga anggaran pembelian pemilik kendaraan.

5. Jangan Membeli Aki Bekas

Anda tentu akan sangat sulit mendapatkan aki mobil yang bagus dan awet jika membeli aki bekas. Unit aki bekas akan sangat sulit dipastikan kualitasnya, bahkan jika unit tersebut berasal dari merk ternama.

Penggunaan unit aki dengan kualitas yang tidak dapat diketahui secara pasti berpotensi merugikan kendaraan Anda. Hal tersebut terutama terjadi pada komponen kelistrikan kendaraan. Beberapa juga mengalami masalah dengan air aki yang merusak komponen mesin.

Penutup

Aki mobil yang bagus dan awet ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk merk, kapasitas, jenis aki, dan berbagai elemen lainnya. Pertimbangan rutinitas perawatan dan anggaran pembelian juga jadi faktor krusial.

Pilihan dan pertanyaan seperti ‘bagus mana aki kering atau basah untuk mobil’ akan dapat dijawab berdasarkan kondisi masing-masing pemilik kendaraan. Tidak terdapat jawaban mutlak untuk situasi-situasi yang diketahui berbeda tersebut.

Leave a Comment