6 Cara Mengatasi Kamera iPhone Bergetar! Solusi Terbaik 2023

Style Media

Cara Mengatasi Kamera iPhone Bergetar

Tidak hanya Android, terkadang kamera iPhone sekalipun mengalami masalah. Salah satu masalahnya adalah kameranya bergetar. Jika ingin mengatasinya, pertimbangkan beberapa cara mengatasi kamera iPhone bergetar ini.

Sudah tidak mengherankan kalau iPhone yang punya banyak pengguna ini, masih memilih sejumlah kekurangan. Kameranya memang sering bergetar. Ini juga bisa ditemukan pada ponsel iPhone 6 hingga iphone 7 plus.

Tentu saja, dengan adanya getaran pada kamera, akan cukup mengganggu aktivitasmu. Apalagi jika memang sangat dibutuhkan. Tapi Kamu tidak perlu khawatir karena kami akan menyediakan beberapa metode untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kamera iPhone Bergetar

Ada cukup banyak cara yang dapat Kamu pertimbangkan jika ingin mengatasi kamera iPhone yang bergetar. Langsung saja pilih cara di bawah ini.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Membuka Kamera Tanpa ke Service Center

1. Menggunakan Magnet

Dalam komponen kamera, terdapat empat batang besi yang memiliki sifat magnetik. Batang-batang ini berfungsi sebagai stabilizer untuk menjaga kestabilan pada kamera iPhone. Jika salah satu batang rusak, gaya tolak magnet akan menyebabkan getaran pada kamera.

Untuk mengatasi masalah kamera bergoyang pada Iphone yang disebabkan oleh batang besi magnet yang rusak, kamu dapat menggunakan magnet sebagai solusi. Cara ini efektif dan jarang diketahui oleh orang lain. Berikut langkah-langkahnya:

  • Matikan ponsel terlebih dahulu.
  • Buka casing belakang dengan hati-hati.
  • Bersihkan bagian kamera dari debu yang menempel.
  • Letakkan dan pasang magnet kecil di dekat kamera.
  • Pastikan posisi magnet memiliki ruangan jika casing ditutup kembali.
  • Tutup casing belakang.
  • Hidupkan ponsel dan buka kamera.
  • Ambil gambar dan coba fokus pada beberapa objek sekitar.
Artikel lainnya :  3 Cara Menghilangkan Peringatan Akun TikTok Yang Ampuh

Jika kamu tidak yakin untuk membuka casing ponsel karena takut melakukan kesalahan, cobalah cara yang lebih sederhana. Buka kamera ponsel dan dekatkan magnet (di atas layar), lihat tanda-tandanya.

2. Bersihkan Debu Kamera

Salah satu penyebab kamera ponsel getar adalah debu dan kotoran yang menempel di lensa kamera. Ini wajar terjadi jika kamera tidak pernah dibersihkan dan sering tidak diperhatikan. Selain menyebabkan kamera bergetar, hal ini juga dapat menyebabkan hasil gambar blur dan tidak jelas.

Merawat dan memperhatikan barang yang dimiliki sangat penting agar tidak mudah rusak. Kita akan merasa lebih senang jika memiliki barang yang tahan lama dan awet karena kesadaran kita sendiri. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membersihkan debu yang ada di kamera.

3. Restart iPhone

Cara mengatasi kamera iPhone bergetar selanjutnya bisa dengan langsung restart iPhone. Kamera yang bergetar dan tidak stabil bisa disebabkan oleh ponsel yang telah digunakan terlalu lama.

Fitur yang sudah terlalu lama digunakan juga bisa mengalami error. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan merestart ulang perangkat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol power beberapa saat dan memilih opsi reboot.

Baca Juga : Tips Ampuh! Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati Sendiri

4. Pakai Aplikasi Kamera Lain

Jika merestart ponsel tidak cukup efektif untuk mengatasi masalah kamera bergetar, cara lain yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan aplikasi kamera lain untuk mengambil foto.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamera iPhone kamu bermasalah atau tidak. Kamu dapat mencari di App Store dan menginstall aplikasi kamera lain, kemudian coba untuk mengambil foto dan perhatikan apakah kamera stabil atau masih bergetar. Jika masih bergetar, ini menunjukkan bahwa hardware kamera bermasalah.

Artikel lainnya :  Review Axis App Iphone

5. Ganti Lampu Flash

Timbulnya getaran pada kamera dapat disebabkan oleh lampu LED yang menyala ketika melakukan jepretan. Hal ini biasanya terjadi jika LED yang digunakan tidak berkualitas atau tidak asli. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti lampu LED dengan yang lebih baik untuk mengatasi masalah kamera yang bergetar.

6. Reset Ulang atau Jadikan Setelan Pabrik

Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil mengatasi masalah kamera bergetar, cobalah untuk mereset ulang ponsel ke setelan pabrik. Sebelum melakukan ini, pastikan untuk membackup data penting.

Caranya adalah dengan membuka pengaturan, pilih opsi hapus semua data dan ikuti instruksi yang diberikan. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan ponsel hidup kembali.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi kamera iPhone bergetar yang bisa Kamu lakukan. Kalau masih belum teratasi, langsung bawa ke tempat service saja, ya!

Bagikan:

Style Media

Penulis serta web administrator untuk mengupdate konten artikel di Stylesportif.

Leave a Comment