Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Style Media

cara menghapus aplikasi bawaan
cara menghapus aplikasi bawaan

Cara menghapus aplikasi bawaan adalah salah satu hal yang sering dicari oleh pengguna smartphone. Aplikasi bawaan atau pre-installed apps adalah aplikasi yang sudah terpasang secara default pada perangkat saat pembelian. Beberapa aplikasi bawaan mungkin sangat berguna, tetapi ada juga yang tidak terlalu dibutuhkan oleh pengguna. Jika Anda ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan, berikut adalah beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti.

Bagi pengguna Android, proses menghapus aplikasi bawaan bisa berbeda-beda tergantung pada merek dan model perangkat. Namun, langkah umum yang dapat Anda ikuti adalah:

Masuk ke Pengaturan

Cari dan buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Anda. Biasanya, ikon ini berbentuk roda gigi atau memiliki tulisan “Pengaturan”.

Pilih Aplikasi atau Aplikasi & Notifikasi

Cari opsi yang menyebutkan “Aplikasi” atau “Aplikasi & Notifikasi” dan pilihlah opsi tersebut.

Artikel lainnya :  Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Pilih Aplikasi Bawaan yang Ingin Dihapus

Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda. Cari aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus dan pilihlah aplikasi tersebut.

Tekan Tombol Hapus

Pada halaman detail aplikasi, Anda akan melihat tombol “Hapus” atau “Uninstall”. Tekan tombol tersebut untuk menghapus aplikasi bawaan dari perangkat Anda.

Konfirmasi Penghapusan

Setelah menekan tombol hapus, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi penghapusan. Tekan “OK” atau “Hapus” untuk menyelesaikan proses penghapusan.

Restart Perangkat

Setelah menghapus aplikasi bawaan, sebaiknya restart perangkat Anda untuk memastikan penghapusan berhasil.

Pada perangkat iOS, pengguna tidak diperbolehkan untuk menghapus aplikasi bawaan sepenuhnya. Namun, pengguna dapat menyembunyikan aplikasi bawaan agar tidak terlihat di layar utama perangkat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buat Folder Baru

Tahan jari Anda di salah satu aplikasi di layar utama perangkat Anda hingga semua aplikasi bergetar. Kemudian, seret aplikasi bawaan yang ingin Anda sembunyikan ke aplikasi lain untuk membuat folder baru.

Geser Aplikasi Bawaan ke Folder Baru

Geser aplikasi bawaan yang ingin Anda sembunyikan ke dalam folder baru yang telah Anda buat. Anda dapat menambahkan lebih banyak aplikasi bawaan ke dalam folder yang sama.

Pindahkan Folder ke Layar Terakhir

Jika Anda ingin menyembunyikan folder yang berisi aplikasi bawaan, pindahkan folder tersebut ke layar terakhir di perangkat Anda. Dengan demikian, folder dan aplikasi bawaan tidak akan terlihat pada layar utama.

Aktifkan Fitur “Offload Unused Apps”

Jika Anda ingin menghemat ruang penyimpanan, Anda dapat mengaktifkan fitur “Offload Unused Apps” di pengaturan perangkat Anda. Fitur ini akan secara otomatis menghapus aplikasi yang jarang digunakan, termasuk aplikasi bawaan.

Artikel lainnya :  Aplikasi Bola Live

Perhatikan Batasan

Perlu diingat bahwa meskipun Anda dapat menyembunyikan atau menghapus beberapa aplikasi bawaan di perangkat iOS, beberapa aplikasi penting seperti “Pengaturan”, “Telepon”, dan “Pesan” tidak dapat dihapus atau disembunyikan.

Frequently Asked Questions

1. Apakah menghapus aplikasi bawaan berpengaruh pada performa perangkat?

Tidak, menghapus aplikasi bawaan tidak akan berpengaruh pada performa perangkat. Namun, menghapus aplikasi yang digunakan oleh sistem operasi atau aplikasi penting dapat menyebabkan masalah pada perangkat.

2. Apakah menghapus aplikasi bawaan akan menghemat ruang penyimpanan?

Iya, menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan dapat menghemat ruang penyimpanan pada perangkat Anda.

3. Apakah menghapus aplikasi bawaan akan mempengaruhi pembaruan sistem?

Tidak, menghapus aplikasi bawaan tidak akan mempengaruhi pembaruan sistem. Pembaruan sistem akan tetap berjalan seperti biasa.

4. Apakah ada risiko dalam menghapus aplikasi bawaan?

Tidak, tidak ada risiko dalam menghapus aplikasi bawaan asalkan Anda hanya menghapus aplikasi yang tidak digunakan dan tidak menghapus aplikasi penting yang dibutuhkan oleh sistem.

5. Bisakah saya mengembalikan aplikasi bawaan yang telah dihapus?

Iya, Anda dapat mengembalikan aplikasi bawaan yang telah dihapus dengan mengunduhnya kembali melalui toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau App Store.

6. Apakah menghapus aplikasi bawaan dapat meningkatkan masa pakai baterai?

Tidak, menghapus aplikasi bawaan tidak akan meningkatkan masa pakai baterai secara signifikan. Namun, jika aplikasi bawaan tersebut terus berjalan di latar belakang, menghapusnya dapat sedikit mengurangi penggunaan daya baterai.

7. Apakah semua aplikasi bawaan dapat dihapus?

Tidak, beberapa aplikasi bawaan yang digunakan oleh sistem operasi atau aplikasi penting tidak dapat dihapus.

8. Apakah menghapus aplikasi bawaan dapat meningkatkan kecepatan perangkat?

Tidak, menghapus aplikasi bawaan tidak akan meningkatkan kecepatan perangkat secara signifikan. Kecepatan perangkat lebih dipengaruhi oleh spesifikasi perangkat dan kinerja sistem operasi.

Artikel lainnya :  Aplikasi Matematika Soal Cerita

Kelebihan Menghapus Aplikasi Bawaan

1. Menghemat ruang penyimpanan pada perangkat.

2. Mengurangi tampilan berantakan pada layar utama perangkat.

3. Meminimalisir penggunaan daya baterai oleh aplikasi yang tidak digunakan.

Tips

1. Sebelum menghapus aplikasi bawaan, pastikan Anda memahami fungsi dan manfaat dari aplikasi tersebut.

2. Jika Anda tidak yakin apakah aplikasi bawaan itu penting atau tidak, cobalah untuk menonaktifkan aplikasi tersebut terlebih dahulu.

3. Selalu periksa apakah ada pembaruan aplikasi bawaan yang dapat meningkatkan kinerja atau memperbaiki bug sebelum memutuskan untuk menghapusnya.

Kesimpulan dari cara menghapus aplikasi bawaan

Menghapus aplikasi bawaan dapat membantu menghemat ruang penyimpanan, mengurangi tampilan berantakan pada layar utama perangkat, dan meminimalisir penggunaan daya baterai oleh aplikasi yang tidak digunakan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi bawaan penting tidak dapat dihapus atau disembunyikan. Sebelum menghapus aplikasi bawaan, pastikan Anda memahami fungsi dan manfaat dari aplikasi tersebut.

Bagikan:

Style Media

Penulis serta web administrator untuk mengupdate konten artikel di Stylesportif.

Leave a Comment