Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus

Style Media

cara mengembalikan aplikasi yang terhapus
cara mengembalikan aplikasi yang terhapus

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi pengguna smartphone. Terkadang, kita bisa menghapus aplikasi secara tidak sengaja atau mungkin ingin mengembalikan aplikasi yang telah dihapus sebelumnya. Beruntungnya, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi masalah ini.

Salah satu cara termudah untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus adalah dengan menggunakan Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Play Store di perangkat Anda

Buka aplikasi Play Store di perangkat Anda dengan mengetuk ikonnya yang biasanya terletak di laci aplikasi atau layar beranda.

Artikel lainnya :  Aplikasi Defisit Kalori

2. Ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas

Setelah membuka Play Store, Anda akan melihat ikon tiga garis di pojok kiri atas layar. Ketuk ikon ini untuk membuka menu Play Store.

3. Pilih “Aplikasi dan game saya”

Dalam menu Play Store, gulir ke bawah dan cari opsi “Aplikasi dan game saya”. Ketuk opsi ini untuk melihat daftar semua aplikasi yang pernah Anda instal.

4. Cari aplikasi yang ingin Anda kembalikan

Di halaman “Aplikasi dan game saya”, cari aplikasi yang ingin Anda kembalikan. Anda dapat menggunakan fitur pencarian di bagian atas layar untuk mempercepat proses ini.

5. Ketuk tombol “Instal”

Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda kembalikan, ketuk tombol “Instal” di sampingnya. Aplikasi akan mulai mengunduh dan menginstal kembali.

6. Buka aplikasi yang telah dikembalikan

Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat membuka aplikasi yang telah dikembalikan dan menggunakannya seperti biasa.

Selain melalui Play Store, Anda juga dapat menggunakan riwayat aplikasi di perangkat Anda untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan di perangkat Anda

Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda dengan mengetuk ikonnya yang biasanya terletak di laci aplikasi atau layar beranda.

2. Cari opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi dan notifikasi”

Di menu Pengaturan, cari opsi yang berkaitan dengan aplikasi. Nama opsi ini mungkin bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda, tetapi biasanya dapat ditemukan dengan nama “Aplikasi” atau “Aplikasi dan notifikasi”.

3. Pilih “Riwayat Aplikasi” atau “Aplikasi Terinstal”

Dalam menu “Aplikasi” atau “Aplikasi dan notifikasi”, cari opsi yang berkaitan dengan riwayat aplikasi atau aplikasi terinstal. Pilih opsi ini untuk melihat daftar semua aplikasi yang pernah diinstal.

Artikel lainnya :  Aplikasi Si Mont9k

4. Cari aplikasi yang ingin Anda kembalikan

Di halaman riwayat aplikasi atau aplikasi terinstal, cari aplikasi yang ingin Anda kembalikan. Anda dapat menggunakan fitur pencarian di bagian atas layar untuk mempercepat proses ini.

5. Ketuk tombol “Pasang” atau “Instal”

Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda kembalikan, ketuk tombol “Pasang” atau “Instal” di sampingnya. Aplikasi akan mulai mengunduh dan menginstal kembali.

6. Buka aplikasi yang telah dikembalikan

Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat membuka aplikasi yang telah dikembalikan dan menggunakannya seperti biasa.

Jika kedua metode di atas tidak berhasil mengembalikan aplikasi yang terhapus, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan instal aplikasi pemulihan data

Buka Play Store atau toko aplikasi lainnya di perangkat Anda dan cari aplikasi pemulihan data. Unduh dan instal aplikasi yang Anda pilih.

2. Jalankan aplikasi pemulihan data

Setelah aplikasi pemulihan data terinstal, jalankan aplikasi tersebut. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan.

3. Pilih opsi pemulihan aplikasi

Dalam aplikasi pemulihan data, cari opsi atau fitur yang berkaitan dengan pemulihan aplikasi. Pilih opsi ini untuk memulai proses pemulihan aplikasi yang terhapus.

4. Tunggu hingga pemulihan selesai

Proses pemulihan aplikasi mungkin memakan waktu beberapa saat tergantung pada ukuran dan jumlah aplikasi yang terhapus. Tunggu hingga proses selesai dan jangan mengganggu perangkat Anda selama proses berlangsung.

5. Buka aplikasi yang telah dikembalikan

Setelah proses pemulihan selesai, Anda dapat membuka aplikasi yang telah dikembalikan dan menggunakannya seperti biasa.

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Bagaimana cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di iPhone?

Anda dapat menggunakan App Store di iPhone untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus. Buka App Store, ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas, gulir ke bawah dan pilih “Pembelian”. Di halaman Pembelian, cari aplikasi yang ingin Anda kembalikan dan ketuk tombol “Unduh” untuk menginstal kembali.

Artikel lainnya :  Aplikasi E Wallet

2. Apakah semua aplikasi dapat dikembalikan setelah dihapus?

Tidak semua aplikasi dapat dikembalikan setelah dihapus. Beberapa aplikasi mungkin tidak lagi tersedia di toko aplikasi atau tidak kompatibel dengan versi perangkat Anda.

3. Apakah mengembalikan aplikasi akan menghapus data yang tersimpan di dalamnya?

Mengembalikan aplikasi tidak akan menghapus data yang tersimpan di dalamnya, kecuali Anda menghapus data aplikasi tersebut secara terpisah. Namun, jika aplikasi tersebut menyimpan data di cloud atau akun lainnya, Anda mungkin perlu masuk kembali untuk mengakses data tersebut.

4. Apakah perlu melakukan backup sebelum mengembalikan aplikasi?

Tidak selalu perlu melakukan backup sebelum mengembalikan aplikasi. Namun, jika Anda khawatir akan kehilangan data atau pengaturan aplikasi, disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu.

5. Apakah ada batasan waktu untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus?

Tidak ada batasan waktu yang pasti untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus. Selama aplikasi tersebut masih tersedia di toko aplikasi dan kompatibel dengan perangkat Anda, Anda dapat mengembalikannya kapan saja.

6. Bisakah saya mengembalikan aplikasi yang telah dihapus secara permanen?

Tidak ada jaminan bahwa Anda dapat mengembalikan aplikasi yang telah dihapus secara permanen. Namun, dengan menggunakan metode yang dijelaskan di atas, ada kemungkinan bahwa Anda dapat mengembalikan aplikasi tersebut.

Bagikan:

Style Media

Penulis serta web administrator untuk mengupdate konten artikel di Stylesportif.

Leave a Comment