Cara Membuat Rumus di Excel Dengan Metode Sederhana

Style Media

Cara Membuat Rumus di Excel
Cara Membuat Rumus di Excel

Cara membuat rumus di excel dengan langkah sederhana dan berbagai opsi penulisannya dengan benar agar mudah dipahami dan dibaca.

Sepertinya kita sadar betul bahwa microsoft excel merupakan program perangkat lunak yang sangat membantu dalam menunjang berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari.

Alasan paling masuk akal mengapa software tersebut sangat membantu pengguna ialah adanya fungsi yang berguna sebagai alternatif analisis data maupun dokumen.

Menariknya lagi, kita dapat memanfaatkan program tersebut sebagai penunjang aktivitas lo. Misalnya “membuat rumus di excel” dengan berbagai tujuan.

Dalam hal ini, tujuan yang kita maksud adalah penghitungan yang mencakup rumus: perkalian atau pembagian dan pengurangan maupun penjumlahan.

Apa yang akan di hitung? Setelah berhasil membuat rumus excel sendiri, maka kita bisa menghitung berbagai data yang sudah kita input ke program perangkat lunak ini. Akibatnya, kita bisa mengolah data apapun secara cepat, praktis dan dengan hasil yang lebih akurat.

Cara Membuat Rumus di Excel Dengan Mudah

Ketika mempelajari cara membuat rumus di excel, salah satu hal yang perlu kamu perhatikan ialah tanda sama dengan (=). Ya, kamu harus meletakkannya di awal atau sebelum konstanta dari nilai yang hendak di hitung dan operator pemberi perintah penghitungan. Dalam hal ini, operator tersebut mencakup tanda bintang (*), plus (+), minus (-), dan garis miring (/). Sementara itu, tahapan cara membuat rumus di excel dengan langkah sederhana yaitu:

  1. Buka program microsoft Excel di komputer milikmu.
  2. Masukkan tanda sama dengan (=) di bagian sel sesuai preferensi diri.
  3. Input nilai berupa angka yang hendak di hitung.
  4. Masukkan pula operator pemberi perintah perhitungan.
Artikel lainnya :  Cara Install Kali Linux di Termux

Macam-macam Operator Perhitungan Dalam Matematika

  • Sama dengan (=). Untuk memberi perintah menampilkan hasil dari perhitungan akan data atau nilai yang telah kamu masukkan ke bidang cell.
  • Plus (+). Memberi perintah untuk menambahkan antara nilai A dan Nilai B.
  • Minus (-).Sebagai pemberi perintah pengurangan.
  • Bintang (*). Memberi perintah perkalian terhadap nilai angka.
  • Garis miring (/). Sebagai operator untuk membagikan nilai data yang sudah kamu masukkan.
  • Panah atas (^). Mengitung operasi pada data pangkat dan akar.

Contoh Cara Membuat Rumus di Excel (Perkalian)

Dalam hal ini, saya memiliki skenario perkalian dalam matematika yaitu 7 x 6 x 2 x 0 = (hasil perhitungan), maka rumus excel yang dapat kita buat menjadi sebagai berikut:

=7*6*2*0

Kemudian, guna menampilkan hasil dari operator sama dengan (=), maka kita cukup menekan tombol Enter pada keyboard. Bukankah ini sangat mudah?

Lalu bagaimana cara menuliskan rumus perhitungan tersebut ke lembar kerja Excel? Untuk lebih jelasnya, pahami uraian yang sudah stylesportif.com rangkum dalam konteks berikut!

Cara Menulis Rumus di Lembar kerja Excel

Setelah memahami instruksi cara membuat rumus di excel, sekarang kita perlu memahami bagaimana memanfaatkan rumus tersebut dengan benar agar excel dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dalam hal ini, kamu bisa menerapkan berbagai opsi yaitu sebagai berikut!

Menulis Rumus di Lembar Kerja Excel yang ditulis secara manual

Instruksi ini berguna untuk memberi gambaran terhadap penggunaan rumus tersebut yang di ketik secara manual. Dalam praktik yang saya lakukan, saya akan menghitung data 7+3×2-8, sehingga, langkah penulisan rumus yang benar ialah:

  1. Pertama-tama, buka terlebih dahulu lembar kerja microsoft Excel dari komputer kamu.
  2. Lanjutkan dengan memilih sel di mana kamu ingin menulis rumus tersebut. Misalnya, pilih sel A1.
  3. Ketik tanda sama dengan (=). Hal ini berguna untuk memberi tanda kepada excel bahwa kamu akan menuliskan sebuah rumus.
  4. Ketik angka atau sel yang ingin kamu hitung. Contohnya, ketik 7.
  5. Input tanda tambah (+) untuk menambahkan operasi matematika penambahan.
  6. Lanjutkan dengan mengetik angka atau sel berikutnya. Contohnya yaitu, ketik angka 3.
  7. Input pula tanda bintang (*) sebagai pemberi perintah mengalikan angka. Dalam data yang sudah saya sebut yaitu “angka 2“.
  8. Masukkan tanda kurung () guna memprioritaskan perhitungan ini berdasarkan operasi matematika.
  9. Masukkan rumus penghitungan untuk data di atas. Data di atas adalah “7+3×2-8“, sehingga rumus-nya adalah “=7+32-8“.
Artikel lainnya :  Cara Mencari Kantor J&T Terdekat Dari Lokasi Saya Sekarang

Dari tutorial di atas, maka kamu sudah berhasil mengikuti tahapan cara membuat rumus di excel untuk menghitung nilai angka 7+3×2-8. Kemudian, jika ingin mengetahui hasil dari penghitungan menggunakan rumus tersebut, maka tahap yang harus dilakukan adalah:

  • Tekan tombol Enter di Keyboard. Dalam hal ini, maka hasil dari perhitungan 7+3×2-8 akan segera tampil di excel.

Fungsi enter sendiri sebagai perintah untuk mengoperasikan tanda sama dengan (=) kepada excel. Dengan begitu, sistem Excel bisa mendeteksi adanya perhitungan berdasarkan rumus excel yang sudah kamu masukkan.

Bagaimana menurut mu, apakah tutorial cara membuat rumus di excel dan cara penulisan yang saya rangkum di atas membingungkan?: Jika demikian, jangan segan untuk memberikan komentar ya, sampai jumpa.

Bagikan:

Style Media

Penulis serta web administrator untuk mengupdate konten artikel di Stylesportif.

Leave a Comment