Cara Membuat Nomor di Excel dengan 3 Opsi Cepat & Efektif

Style Media

Cara Membuat Nomor di Excel
Cara Membuat Nomor di Excel

Cara membuat nomor di excel sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dan tentu saja semua metode tersebut memiliki tahapan yang berbeda.

Berdasarkan opsi yang ada saat ini, kamu bisa memilih cara membuat nomor di excel dengan memanfaatkan atau menggunakan: AutoFill, SERI, RAND, ROW dan menggunakan format nomor custom.

Sementara itu, nomor pada Excel sendiri memiliki peranan yang amat penting dalam hal mengurutkan data, memformat bahkan menyaring berbagai data.

Apakah kamu tahu apa keuntungannya? Saat berhasil membuat nomor di Excel, maka saat itu juga upaya untuk membuat sistem penyaring, format, dan pengurutan data akan terasa lebih mudah.

Selain memiliki tiga manfaat tersebut, nomor pada excel juga sangat berperan penting untuk membantu pengguna dalam menciptakan sebuah grafik maupun tabel yang lebih akurat.

Tak cuma sekedar itu saja, di satu sisi nomor pada excel juga memiliki peranan penting dalam menghitung total pada suatu data, bahkan mengidentifikasinya dengan mudah seperti menduplikat misalnya.

Maka dari itu, penting untuk kita mempelajari berbagai opsi cara membuat nomor di Excel dengan cepat dan mudah agar bisa menikmati setiap keuntungan yang ada tersebut.

Lantas bagaimana caranya? Cobalah simak beberapa instruksi yang sudah stylesportif.com rangkum berikut!

Cara Membuat Nomor di Excel Dengan Metode Umum

Agar bisa mengikuti instruksi cara membuat nomor di Excel, pastikan terlebih dahulu bahwa program microsoft excel sudah terbuka di komputer yang hendak kamu gunakan. Selanjutnya, ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Tentukan cell yang hendak kamu pergunakan sebagai tempat nomor.
  2. Ketik angka pertama yang ingin kamu gunakan untuk membuat nomor.
  3. Lanjutkan dengan menekan tombol enter di Keybaord.
  4. Pada bidang cell yang sama, tekan pada area sudut kanan bawah.
  5. Seleksi beberapa bagian sel dengan menyeret area sudut cell ke bawah.
  6. Tekan Ctrl+1 di keyboard. Tindakan ini berguna untuk menampilkan jendela baru yang berisi Format Cells.
  7. Pilih tab “number” pada jendela format cells yang muncul tersebut.
  8. Tentukan category pada bidang kategori.
  9. Tentukan opsi tipe nomor pada bagian Right. Dalam hal ini, tersedia berbagai type nomor yang bisa kamu pilih yaitu antara number, date, dan currency.
  10. Tekan OK untuk menyelesaikan opsi tersebut.
  11. Selesai. Kini kamu berhasil membuat nomor di excel dengan cepat dan nomor tersebut akan muncul dalam bidang cell yang sebelumnya telah kamu seleksi.
Artikel lainnya :  Cara Mencari Kantor J&T Terdekat Dari Lokasi Saya Sekarang

Cara Membuat Nomor di Excel dengan Fungsi AutoFill

Fungsi AutoFill sendiri adalah alternatif paling mudah yang dapat kamu terapkan untuk membuat nomor di Excel. Dalam hal ini, kamu bisa langsung meng-input data nomor pada bidang cell. Lebih jelasnya, simak tahapan berikut:

  1. Jalankan microsoft Excel di komputer yang kamu gunakan.
  2. Pada kolom pertama, silahkan masukkan angka 1. Kamu juga bisa mengetik angka tersebut pada cell yang kamu inginkan.
  3. Klik Cell yang berisi angka 1 tersebut.
  4. Klik kiri pada mouse lalu tahan pada bagian pojok kanan bawah cell.
  5. Seret bidang cell ke bawah hingga mencapai batas nomor 20.
  6. Selesai.

Catatan: Instruksi cara membuat nomor di excel di atas berlaku untuk bidang nomor yang terdiri dari cell 1 sampai 20. Jadi, silahkan sesuaikan jumlah sel berdasarkan jumlah nomor yang ingin kamu buat.

Tips Sederhana Menggunakan Fungsi AutoFill Untuk Membuat Nomor di Excel

Saat memilih opsi ini, maka kamu dapat menempatkan nomor pada bidang cell atau baris berdasarkan minat sendiri. Misalnya kamu ingin menempatkan nomor di kolom atau baris berbeda, maka tahap yang bisa kamu terapkan sebagai berikut:

  1. Ketik nomor pertama berdasarkan keinginan. Bisa angka 1, 2, 3, 4, atau angka lainnya.
  2. Silahkan pilih sel yang berisi nomor tersebut.
  3. Segera tentukan area untuk nomor tersebut. Caranya, cukup menyeret ujung kanan bawah cell.
  4. Selesai. Selanjutnya, fungsi AutoFill akan membuat tugas secara otomatis untuk melengkapi semua nomor tersebut.

Fungsi AutoFill pada Excel sendiri memang praktis. Ketika kamu menggunakannya, maka proses pembuatan nomor akan terasa lebih mudah dan efisien karena bisa bekerja secara otomatis.

Idealnya, fungsi autofill ini bisa menciptakan berbagai nomor yang letaknya berurutan. Uniknya, semua nomor tersebut akan terbuat secara otomatis dalam hitungan detik saja.

Artikel lainnya :  Cara Membuat Rumus di Excel Dengan Metode Sederhana

Bagaimana menurut mu terkait dua metode yang sudah stylesportif.com rangkum di atas? Saya yakin bahwa sebelumnya kamu tidak menyangka bahwa cara membuat nomor di Excel sebenarnya mudah.

Namun karena minimnya pengetahuan, instruksi yang mudah tersebut terasa lebih sulit. Terlebih dengan adanya beberapa metode lainnya yang lebih bervariasi seperti dengan memanfaatkan berbagai fungsi termasuk: SERI, RAND, ROW dan format nomor custom.

Saya yakin bahwa semua metode tersebut juga terasa sulit. Oleh sebab itu, tetaplah mengakses halaman stylesportif.com agar bisa menerima update terbaru terkait tutorial excel lainnya.

Bagikan:

Style Media

Penulis serta web administrator untuk mengupdate konten artikel di Stylesportif.

Leave a Comment