Cara Download Video YouTube di Linux

Arif Wibowo

Cara Download Video YouTube di Linux
Cara Download Video YouTube di Linux

Ketika berbicara tentang Linux, kita sering kali terjebak dalam dunia kode dan terminal yang kompleks. Namun, tahukah Anda bahwa di balik layar hitam itu, tersimpan juga cara sederhana untuk mengunduh video dari YouTube?

Ya, Anda tidak salah dengar. Linux, dengan segala kehebatannya, memiliki trik tersendiri untuk mengakses konten favorit Anda di platform streaming video terbesar di dunia. Jadi, mari kita gali lebih dalam tentang rahasia cara mengunduh video dari YouTube di Linux, tanpa perlu jadi ahli komputer.

Cara Download Video YouTube di Linux

Nah, di sini, kami akan memandu Anda melalui konsep dasar “Cara Download Video YouTube di Linux. ” Linux, dengan kebebasan dan fleksibilitasnya, adalah pilihan terbaik untuk melakukan ini.

Kenapa Linux Pilihan Terbaik untuk Download Video YouTube?

Linux memang adalah pilihan terbaik untuk mengunduh video YouTube. Mengapa begitu? Pertama, kebanyakan alat unduh video di Linux adalah open source, yang berarti Anda bisa menggunakannya tanpa biaya. Kedua, Linux memiliki banyak aplikasi berkualitas tinggi untuk mengunduh video yang telah teruji dan terpercaya oleh komunitas pengguna Linux.

Salah satu alasan lain adalah kontrol yang lebih besar yang dimiliki Linux terhadap sistem Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola dan menyimpan video sesuai dengan preferensi Anda. Linux juga mendukung banyak format video, yang mempermudah pemutaran di berbagai perangkat.

Persiapan Sebelum Mengunduh Video di Linux

Sebelum Anda mulai mengunduh video di Linux, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik. Setelah itu, Anda perlu menginstal aplikasi pengunduh video. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda pertimbangkan adalah “youtube-dl” dan “4K Video Downloader. ” Unduh dan instal salah satu dari mereka sesuai dengan preferensi Anda.

Selanjutnya, pastikan Anda memahami opsi dan perintah dasar yang tersedia dalam aplikasi pengunduh video yang Anda pilih. Misalnya, Anda dapat menentukan resolusi video atau format file yang ingin Anda unduh. Ini membantu Anda menghemat ruang penyimpanan dan memastikan video terunduh sesuai dengan keinginan Anda.

Artikel lainnya :  Cara Mengubah Emoji Android Menjadi Emoji iPhone. Sangat Mudah!

Anda sekarang siap untuk mulai mengunduh video YouTube di Linux mudah. Dengan alat yang tepat dan sistem yang kuat, Anda dapat menyimpan video favorit Anda dan menikmatinya kapan saja, bahkan tanpa koneksi internet.

Alat Terbaik untuk Download Video di Linux

download linux

Dalam dunia yang terus berubah ini, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menonton video favorit Anda di YouTube. Tapi bagaimana jika ingin menyimpan video tersebut untuk ditonton nanti atau saat Anda offline? Di Linux, ada beberapa alat yang dapat membantu Anda melakukannya dengan mudah.

Menggunakan Terminal: youtube-dl

Pertama, mari kita bicara tentang. Ini adalah alat baris perintah yang sangat populer di komunitas Linux. Anda dapat mengunduh video YouTube dengan mudah dengan hanya beberapa perintah. Pertama, pastikan Anda menginstaldengan menggunakan manajer paket yang sesuai dengan distribusi Linux Anda. Setelah diinstal, Anda dapat mengunduh video dengan perintah sederhana seperti ini:

  1. Buka terminal Linux Anda.
  2. Ketik perintahyoutube-dldiikuti dengan URL video YouTube yang ingin Anda unduh.
  3. Tunggu hingga proses unduhan selesai.

Ini adalah cara cepat dan sederhana untuk mengunduh video YouTube tanpa perlu perangkat lunak pihak ketiga. Namun, Anda perlu memperbaruisecara berkala agar tetap kompatibel dengan perubahan YouTube.

Alternatif Grafis: 4K Video Downloader di Linux

Jika lebih suka antarmuka grafis, 4K Video Downloader adalah pilihan yang bagus. Meskipun namanya mengacu pada video 4K, alat ini mendukung unduhan dalam berbagai resolusi. Berikut cara menggunakannya:

  1. Unduh dan instal 4K Video Downloader sesuai dengan distribusi Linux Anda.
  2. Buka aplikasi.
  3. Salin URL video YouTube yang ingin Anda unduh.
  4. Tempelkan URL tersebut ke dalam kotak yang disediakan dalam 4K Video Downloader.
  5. Pilih resolusi yang Anda inginkan.
  6. Klik “Unduh” dan biarkan aplikasi ini menyelesaikan sisanya.

4K Video Downloader, Anda dapat mengunduh video dalam berbagai format dan resolusi sesuai kebutuhan Anda. Ini adalah solusi yang bagus jika ingin tampilan yang lebih bersih dan mudah digunakan.

Selaindan 4K Video Downloader, ada juga beberapa alat lain yang dapat digunakan untuk mengunduh video di Linux, tetapi dua yang telah kami sebutkan di atas adalah yang paling populer dan mudah digunakan. Cobalah keduanya dan pilih yang sesuai dengan preferensi Anda!

Download Video YouTube Di Kali Linux

YouTube adalah platform yang kaya akan video-video menarik, dan kadang-kadang Anda mungkin ingin menyimpan video favorit Anda untuk ditonton offline. Bagi pengguna Linux, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunduh video dari YouTube. Di bawah ini, kita akan membahas dua metode yang populer: mendapatkan URL video YouTube dan mengunduh video menggunakan youtube-dl, serta menggunakan 4K Video Downloader.

Artikel lainnya :  Tikmate: Situs Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Mendapatkan URL Video YouTube

Pertama-tama, Anda perlu mendapatkan URL video YouTube yang ingin Anda unduh. Caranya cukup mudah. Buka browser web Anda dan pergi ke YouTube. Temukan video yang ingin Anda unduh, lalu salin URL-nya dari bilah alamat browser. Setelah Anda memiliki URL video, Anda siap untuk melangkah ke langkah berikutnya.

Menggunakan youtube-dl untuk Mengunduh Video

Youtube-dl adalah alat baris perintah yang populer untuk mengunduh video dari YouTube. Untuk menggunakannya, buka terminal di Linux Anda dan jalankan perintah berikut:

shell
 youtube-dl

Gantilah URL yang telah Anda salin sebelumnya. Youtube-dl akan mengunduh video tersebut ke direktori kerja Anda. Anda juga dapat menentukan format dan kualitas video yang ingin Anda unduh dengan menggunakan opsi tambahan. Pastikan Anda memiliki youtube-dl diinstal di sistem Anda sebelum mencobanya.

Menggunakan 4K Video Downloader dengan Linux

Selain youtube-dl, Anda juga dapat menggunakan 4K Video Downloader, yang memiliki antarmuka grafis yang lebih ramah pengguna. Untuk mengunduh video dengan 4K Video Downloader, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan instal 4K Video Downloader untuk Linux dari situs resmi mereka.
  2. Buka aplikasi dan salin URL video YouTube yang ingin Anda unduh.
  3. Klik tombol “Paste Link” di 4K Video Downloader.
  4. Pilih format dan kualitas video yang diinginkan.
  5. Klik “Unduh” untuk memulai proses pengunduhan.

Sederhana, bukan? 4K Video Downloader, Anda dapat mudah mengunduh video YouTube favorit Anda dalam berbagai format.

Memilih Kualitas dan Format Video

format video

Menyesuaikan Kualitas Video

Ketika ingin mengunduh video YouTube di Linux, salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih kualitas dan format video yang sesuai kebutuhan Anda. Jika hanya ingin menonton video tersebut secara offline di perangkat Anda, mungkin kualitas standar sudah cukup. Namun, jika menginginkan kualitas yang lebih tinggi untuk pengalaman terbaik, berikut adalah cara melakukannya:

  1. Buka Video di YouTube : Pertama-tama, buka video yang ingin Anda unduh di YouTube. Kemudian, salin URL dari video tersebut.
  2. Gunakan Perangkat Lunak Unduh : Gunakan perangkat lunak unduhan video yang kompatibel Linux, seperti youtube-dl. Di terminal, cukup ketik perintahyoutube-dl, di mana adalah URL video yang Anda salin sebelumnya.
  3. Pilih Kualitas Video : Setelah Anda menjalankan perintah unduhan, perangkat lunak akan menawarkan pilihan kualitas video yang tersedia. Anda cukup memilih nomor yang sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan, misalnya, “1” untuk kualitas terbaik atau “5” untuk kualitas lebih rendah.
  4. Tentukan Format Video : Selanjutnya, Anda akan diminta memilih format video. Biasanya, perangkat lunak akan menawarkan beberapa opsi, seperti mp4 atau webm. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Tunggu Proses Unduhan : Perangkat lunak akan mulai mengunduh video sesuai pilihan kualitas dan format yang Anda tentukan. Tunggu proses ini selesai.
Artikel lainnya :  Cara Cari Uang di Internet dengan Mudah dan Efektif

Langkah-langkah di atas, Anda dapat mudah memilih kualitas dan format video saat mengunduh video YouTube di Linux.

Konversi Format Video

Selain memilih kualitas video, terkadang Anda mungkin perlu mengonversi format video yang Anda unduh agar sesuai perangkat atau aplikasi yang ingin Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk melakukan konversi format video di Linux:

  1. Instal Perangkat Lunak Konversi : Pastikan Anda telah menginstal perangkat lunak konversi video seperti FFmpeg di Linux Anda. Anda dapat menginstalnya melalui manajer paket yang sesuai dengan distribusi Linux yang Anda gunakan.
  2. Konversi Video : Setelah mengunduh video dengan youtube-dl atau perangkat lunak unduh video lainnya, gunakan perintah berikut untuk mengonversi format video:bashCopy codeffmpeg -i input_video.mp4 -c:v copy -c:a aac output_video.mp4Gantilahinput_video. Mp4dengan nama file video yang ingin Anda konversi, dan sesuaikan format keluaran sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Tunggu Proses Konversi : Proses konversi akan berjalan, dan Anda akan memiliki video dalam format yang sesuai perangkat atau aplikasi yang Anda inginkan.

Ini, Anda dapat mudah mengonversi format video yang sudah Anda unduh agar sesuai kebutuhan Anda di Linux.

FAQ: Pemecahan Masalah Umum Pada Saat Download Video Di Linux

Video Tidak Terunduh? Solusi Masalah Umum

  1. Cek URL Teliti : Pastikan URL video yang Anda masukkan benar. Terkadang, kesalahan penulisan atau tautan yang rusak dapat menyebabkan masalah. Periksa kembali URL tersebut.
  2. Periksa Izin Folder : Pastikan Anda memiliki izin untuk menyimpan video di folder yang Anda pilih. Terkadang, masalah izin dapat menghambat proses unduhan.
  3. Pembaruan Aplikasi : Pastikan bahwa perangkat lunak yang Anda gunakan untuk mengunduh video, seperti youtube-dl, selalu diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan seringkali mencakup perbaikan bug yang dapat memengaruhi fungsi unduhan.
  4. Koneksi Internet Stabil : Pastikan koneksi internet Anda stabil. Jika sambungan terputus selama proses unduhan, itu bisa mengganggu proses tersebut.

Mengatasi Masalah Koneksi

  1. Ganti Server : jika mengunduh video dari YouTube menggunakan youtube-dl, Anda bisa mencoba mengganti server YouTube yang digunakan oleh perangkat lunak. Ini bisa membantu meningkatkan kecepatan unduhan.
  2. Gunakan VPN : jika mengalami pembatasan geografis saat mengunduh video, gunakan VPN untuk mengubah lokasi Anda. Ini akan membantu Anda mengakses video yang mungkin dibatasi di wilayah Anda.
  3. Periksa Firewall : Pastikan firewall Anda tidak menghalangi akses ke server YouTube atau perangkat lunak unduhan. Anda perlu memastikan bahwa perangkat Anda dapat berkomunikasi dengan server YouTube dengan lancar.
  4. Perhatikan Pengaturan Keamanan Router : Terkadang, router Anda dapat memiliki pengaturan keamanan yang menghalangi unduhan video. Pastikan Anda memeriksa pengaturan router Anda.

Bagikan: