4 Cara Cek IP Address Laptop & PC Dengan Mudah

Mau tahu cara cek ip address laptop atau pc? Komputer atau laptop biasanya memiliki ip address, setiap perangkat yang terhubung ke internet pastinya memiliki sebuah ip unik untuk membedakan dari komputer satu ke komputer lainnya.

Pada umumnya ip address terdiri dari ipv4 dan ipv6, namun yang paling banyak digunakan itu jenis ipv4 yang terdiri dari 192,168,10,101 dan seterusnya. Apabila ip address setiap komputer sama maka akan terjadi bentrok terutama apabila kita salah melakukan setting ip pada komputer dan laptop di local area network (LAN)

Apa Itu IP Address?

ip address laptop
Design by kompinesia: Author Arif Wibowo

IP address atau alamat ip dikenal sebagai Internet Protocol address yang disingkat menjadi alamat ip, alamat ip adalah label sebuah numerik yang sudah ditetapkan di setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer atau internet yang menggunakan protokol internet.

Sejauh ini alamat ip berfungsi untuk host dan antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi. nah jadi tidak heran kan kalau setiap komputer atau laptop memiliki ip address yang berbeda-beda dari yang lain.

Cara Cek IP Address Laptop & Komputer [PC]

Lalu bagaimana cara cek ip komputer atau laptop yang sedang kita gunakan? Untuk dapat melihat ip komputer caranya cukup mudah kamu bisa mengikuti panduannya dari kami dibawah ini.

1. Cara Melihat IP Komputer Lewat Google Dengan Mengetikan What is my ip address?

cara yang pertama merupakan cara yang paling mudah untuk melihat ip adress laptop dan komputer kita kamu cukup buka browser google chrome atau firefox kemudian ketikan di search engine dengan kata kunci “what is my ip address”

muncul nama ip
Muncul nama ip

Maka nantinya akan muncul ip address komputer atau laptop kamu, dengan cara ini kita bisa melihat ip public komputer atau laptop dengan mudah.

2. Cek IP Komputer Online Lewat Situs Whatismyip

Bagi kamu yang tidak mau repot dan ribet cek ip komputer kamu juga bisa mengetahui ip address komputer kamu lewat situs whatismyip, caranya cukup mudah.

1. Buka situs whatismyip

ip laptop
What Is My IP

2. Dan di menu what is my ip? kamu akan melihat ip public IPV4 laptop dan pc yang sedang kamu gunakan dan pakai.

3. Cara Melihat IP Address Laptop

Cara yang ketiga, kita juga bisa melihat ip address laptop dari perangkat langsung, bagi pengguna windows 10 melihat ip adress sangat mudah dilakukan, kita bisa memanfaatkan fitur type here to search.

ethernet
Ether settings

1. Klik menu type here to search di menu bar windows lalu ketikan kata kunci “ethernet settings” kalau sudah ketemu klik open.

ethernet 2
Klik ethernet

2. Kedua kalau sudah berada di menu setting ethernet kamu klik icon ethernet.

informasi ip
Informasi IP Laptop

3. Terakhir di menu tampilan lanjutan ethernet kamu akan menemukan informasi ip address lapop kamu.

Bagaimana Cara Cek IP Address WIFI Di Laptop & PC?

Kalau kamu memakai wifi, letak ip adress nya tidak di ethernet, untuk ethernet itu khusus yang memakai kabel utp dan sedangkan untuk ip address wifi kamu bisa melihatnya dibawah ini.

network and internet
Menu network and internet

1. Masih di menu network & internet di menu ini kamu klik WIFI.

show available networks
Klik Show available networks

2. Kedua kamu kalau sudah berada di menu tampilan wifi, klik show available networks, mungkin kamu juga butuh panduan seputar ms word seperti cara membuat invoice di word

properties
Klik properties

3. Ketiga di menu network & internet settings klik Properties.

ip address laptop
IP Address

4. Terakhir di menu properties wifi kamu drag kebawah nantinya kamu akan menemukan Ipv4 address nah itulah ip adress laptop dan komputer kamu.

Akhir Kata

Setelah kamu sudah membaca artikel ini sekarang kamu dapat mengetahui ip adress laptop dan pc kamu dengan mudah, sekian dan terimakasih semoga artikel ini dapat membantu kamu ya sobat stylesportif.

Share :

error: Content is protected !!