6 Cara Mengisi Freon AC Mobil Beserta Gambar Lengkap

Cara mengisi freon AC mobil

Salah satu komponen AC yang sangat penting adalah freon. Tidak menutup kemungkinan jika freon AC habis sehingga kinerja AC tidak optimal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengisi freon AC mobil yang baik dan benar.

Karena freon merupakan bahan yang digunakan untuk membuat kabin mobil dingin, jadi sangat perlu untuk mengetahui cara pengisiannya.

Baca Juga : 12 Nama Komponen AC dan Fungsinya Lengkap

Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis

Ketika freon habis, jangan dibiarkan terlalu lama karena dapat menyebabkan AC cepat rusak. Oleh karena itu, perlu mengetahui beberapa ciri-ciri freon AC yang telah habis.

1. AC Tidak Dingin dan Hanya Keluar Angin

AC mobil yang normal, selain mengeluarkan angin juga memberikan hawa yang sejuk dan dingin. Apabila tidak mengeluarkan udara dingin, bisa jadi terjadi kerusakan pada beberapa komponen AC maupun kehabisan freon.

2. Saat AC On Kompresor Tidak Berhenti Bekerja

Ketika menemui kondisi magnetik kelas terus tersambung dari awal dinyalakan AC, maka hal itu dapat menjadi tanda freon AC sudah habis. Karena ketika freon habis karena bocor, di dalam AC dipenuhi udara.

3. Tidak Terdapat Freon di Sight Glass

Fungsi sight glass adalah melihat sirkulasi freon pada sistem AC. Apabila freon habis, maka tidak terdapat apapun yang mengalir pada sight glass.

4. Tidak Terdapat Embun di Selang Low Pressure

Cobalah perhatikan selang AC mobil, terutama pada bagian low pressure. Apabila ketika diraba tidak terdapat udara dingin dan tidak terbentuk embun maka dapat menandakan bahwa freon telah habis.

Peralatan yang Dibutuhkan

Alat Untuk mengisi freon AC

Sebelum masuk ke langkah mengisi freon AC mobil, Anda perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

  1. AC Vacuum Pump ( Pompa Vakum )
  2. Manifold Gauge ( Alat Pengukur Tekanan )
  3. Hose Adapter ( Sambungan Port )
  4. Refrigerant/Freon AC Mobil sesuai spesifikasi mobil anda ( Lihat pada stiker dibalik kap mesin atau manual book )
  5. AC Leak Detector ( Alat Pendeteksi Kebocoran )
  6. Sarung Tangan
  7. Kacamata Pengaman

Langkah-langkah Mengisi Freon AC Mobil dengan Benar

Cara mengisi freon AC mobil beserta gambar

AC mobil tidak dapat bekerja secara optimal tanpa adanya freon. Freon atau refrigerant adalah senyawa kimia berbentuk gas yang digunakan menjadi fluida penyerap untuk bahan pendingin. Komponen ini tidak memiliki warna maupun bau. Meskipun cara mengisi freon AC mobil sendiri sulit dilakukan, tetapi perlu mengetahui cara teknisnya.

Berikut merupakan beberapa cara mengisi freon AC mobil beserta gambar yang perlu dilakukan.

1. Kosongkan Sisa Freon

  • Pertama-tama, kosongkan terlebih dahulu sisa freon yang ada di dalam AC. Hal ini bertujuan supaya freon baru tidak tercampur dengan freon yang lama karena hal ini akan mempengaruhi kinerja AC.
Lepas Penutup Tekanan Rendah Tinggi
  • Langkahnya, Lepas penutup port saluran tekanan rendah (L), biasanya ukuranya lebih kecil dibanding port saluran tekanan tinggi. dilanjutkan lepas penutup port saluran tekanan tinggi (H).
Pasang Selang Tekanan Rendah
  • Pasang manometer gauge atau alat pembaca tinggi rendahnya tekanan. dengan memasang selang warna biru yang merupakan selang tekanan rendah ke port L saluran kompresor AC.
Pasang Selang Tekanan Tinggi
  • Kemudian pasang selang tekanan tinggi berwarna merah dipasang ke port H.
Buka Kran Tekanan Rendah
  • Jika sudah selesai, bukalah kran sampai freon keluar. Jika sisa freon sudah habis maka tekanannya menjadi nol dan tidak terdapat suara desis dari selang.

2. Bersihkan AC Dan Vakum Sisa Freon

Cara mengisi freon AC mobil selanjutnya yaitu melakukan vakum sisa freon. Vakum hanya dapat dilakukan saat freon telah dikeluarkan dengan angka minus 30 psi. Untuk melakukannya dapat menggunakan manifold gauge serta pompa vakum.

Nyalakan Vakum 1
  • Caranya yaitu sambungkan selang warna kuning manifold gauge ke mesin vakum. lalu nyalakan mesin vakum dan lakukan proses pemvakuman sekitar 15 menit.
Kran Tekanan Rendah Tinggi
  • Selanjutnya, bukalah kran tekanan tinggi dan rendah untuk mengeluarkan uap air dan udara dari sistem. Jika angka sudah minus 30 psi, kemudian kran ditutup kembali.
Jarum Manifold Gauge
  • Pastikan setelah kran tekanan tinggi dan rendah ditutup. jarum pada manometer tetap berada pada tekanan minus 30 psi. Apabila jarum kembali ke angka 0 berarti terdapat kebocoran pada saluran AC mobil anda.
  • Selanjutnya yaitu bersihkan AC mobil. Karena bisa saja masih ada kotoran yang menyumbat dan dapat mengganggu kinerja AC setelah pengisian ulang freon.

3. Melumasi Sistem AC

Sebelum diisi menggunakan freon baru, sistem AC perlu diberi pelumas terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya kompresor AC tidak mengalami kerusakan karena komponen didalamnya kering.

Masukan Pelumas
  • Setelah kran tekanan tinggi dan rendah ditutup, lepaslah pompa vakum. Siapkan pelumas dalam gelas berukuran 10 cc atau langsung dari botol pelumas dengan takaran pas, lalu tuangkan pelumas pada selang berwarna kuning yang terhubung ke manifold gauge.
Buka Kran Tekanan Rendah 1
  • Buka sedikit kran tekanan rendah agar pelumas masuk. Jika semua pelumas telah masuk, tutup kran kembali, lalu tekanlah knop di bagian tengah manifold gauge. Tujuannya yaitu untuk mengeluarkan udara yang ada di tengah.
Tekan Pakai Obeng

4. Vakum Kembali Sebelum Mengisi Freon

Setelah melakukan pelumasan, lakukan kembali pemvakuman sistem AC. hal ini bertujuan agar tidak terdapat udara sama sekali pada saluran sistem AC.

Langkah pemvakuman sama seperti pada point 2 diatas.

5. Mengisi Freon Baru

Pengisian freon baru bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan saluran tekanan tinggi dan saluran tekanan rendah.

Parameter yang dipakai ketika mengisi freon menggunakan saluran tekanan tinggi adalah satuan berat, sedangkan untuk saluran tekanan rendah parameter yang dipakai adalah satuan tekanan.

Apabila parameter pada kedua cara tersebut sudah sesuai, maka anda bisa melakukan pengisian freon baru hanya menggunakan salah satu cara saja.

Namun disini akan dijelaskan cara mengisi freon AC mobil dengan menggunakan kedua cara diatas. simak langkah keduanya berikut.

Mengisi Freon Dengan Saluran Tekanan Tinggi

Penting diperhatikan sebelum melakukan pengisian freon menggunakan saluran tekanan tinggi. Selama pengisian AC, mesin mobil wajib dalam keadaan off. dan Freon yang dimasukan adalah berwujud cair.

Tabung Freon
  • Anda bisa lihat keterangan pada tabung freon, bagian atas adalah freon dengan wujud gas sedangkan bagian bawah berwujud cair.
buka kran tabung freon
  • Pasang selang tengah manifold gauge (warna kuning) ke tabung freon, pastikan sudah kencang. lalu balikkan tabung freon agar freon berwujud cair berada dibawah.
Balik tabung freon
  • Setelah itu buka kran pada tabung freon agar freon cair bisa masuk ke selang manifold dan saluran sistem AC.
Tekan Knop Manifold 1
  • lalu tekanlah knop di bagian tengah manifold gauge. Tujuannya yaitu untuk mengeluarkan udara yang ada di tengah.
Kran Tekanan Tinggi 1
  • Bukalah kran tekanan tinggi secara perlahan. Namun yang dilihat adalah jarum pada manifold tekanan rendahnya.
Layar Manifold
  • Ketika jarum sudah berada di angka 1,5 – 2,0 kg/cm2. Segera tutup kran tekanan tinggi.
  • Setelah kran tekanan tinggi ditutup, artinya proses pengisian freon menggunakan saluran tekanan tinggi selesai.

Mengisi Freon Dengan Saluran Tekanan Rendah

Untuk pengisian freon di saluran tekanan rendah, Hal penting yang harus diperhatikan adalah mesin dalam kondisi hidup, AC wajib menyala dengan switch blower dan switch pengatur suhu diputar maksimum, pertahankan putaran mesin di 2000 rpm, dan yang terakhir freon yang dimasukkan berwujud gas.

buka kran tabung freon
  • Pasang terlebih dahulu selang warna kuning manifold gauge ke tabung freon, lalu bukalah kran di tabung freon.
  • Untuk cara mengisi freon AC di saluran tekanan rendah tidak perlu untuk membalik tabung freon. supaya yang masuk adalah freon berwujud gas.
Buka Kran Tekanan Rendah 2
  • Bukalah perlahan kran tekanan rendah dan tutup kran tekanan tinggi. namun yang dilihat adalah jarum pada manifold tekanan tinggi.
Layar Pressure
  • Sistem AC terisi secara penuh saat angka pada manifold gauge tekanan tinggi mencapai 14,5-15 kg/cm2. Jika sudah mencapai angka tersebut segera tutup kran tekanan rendah.

6. Proses Pengecekan Akhir

Meskipun cara mengisi freon AC mobil telah selesai tetapi ada langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu pengecekan freon.

Ada 2 tahap yang harus dilakukan dalam proses pengecekan freon, yaitu pengecekan jumlah freon pada sight glass atau indikator freon dan pengecekan kebocoran freon pada saluran AC.

Sight Glass AC Mobil
  • Pertama, Pengecekan jumlah freon. Caranya lihat pada sight glass, apabila terdapat banyak gelembung artinya freon kurang, jika tidak ada gelembung sama sekali dan cairan freon juga tidak terlihat artinya freon kosong atau bisa juga berlebihan. Jumlah freon yang optimal adalah pada sight glass terlihat cairan freon jernih dan kadang terdapat sedikit gelembung.
  • Kedua, Pengecekan kebocoran pada saluran sistem AC. Caranya yaitu saat sistem AC menyala, cek menggunakan leak detector. Lakukan pengecekan secara menyeluruh pada saluran sistem AC, baik pada saluran tekanan rendah maupun saluran tekanan tinggi untuk memastikan dengan bahwa tidak terjadi kebocoran setelah mengisi freon AC mobil.
Baca Juga : Cara Kerja Alternator Mobil, Pengertian, Komponen dan Fungsinya

Apabila mendapati freon mobil habis, maka segeralah untuk mengisinya kembali. Bagi pengguna mobil Avanza, cara mengisi freon AC mobil Avanza pada dasarnya sama seperti mobil lainnya. sehingga bisa segera dilakukan isi ulang saat habis dengan mengikuti cara diatas.

Jadi itulah beberapa cara mengisi freon AC mobil yang dapat dilakukan. Jika sulit melakukannya sendiri, dapat dibawa ke bengkel khusus AC mobil untuk diisi ulang oleh ahlinya.