2 Cara Cek Penyimpanan Laptop & PC

Bagaimana cara cek penyimpanan laptop dan pc? Biasanya laptop dan pc pasti memiliki penyimpanan atau storage, mau itu pakai ssd atau hdd penyimpanan pada laptop sangatlah penting, terutama kalau laptop kita penuh dan kita wajib mengosongkan penyimpanan pada hardisk dan hdd laptop yang kita miliki.

Saat ini untuk melihat penyimpanan laptop windows 10, sangatlah mudah… kita bisa mengetahui sisah kapasitas penyimpanan yang sudah kita pakai, berikut caranya.

Cara Cek Penyimpanan Laptop

Langkah-langkah cara melihat penyimpanan di laptop dan pc dengan mudah.

1. Cek Penyimpanan Laptop Lewat Menu Create And Format Hardisk Partition

Bagi pengguna sistem operasi windows 10 melihat penyimpanan pada laptop sangat mudah dilakukan kita bisa melihat sisa penyimpanan laptop dan pc melalui menu create and format hardisk berikut caranya.

1. Klik menu “type here to search” di menu bar windows 10.

partition
Partition

2. Kedua ketikan “create and format hard disk partition” kalau sudah muncul klik open.

penyimpanan laptop
Kapasitas Hardisk

3. Kemudian di menu disk management kamu akan melihat partisi hardisk atau ssd laptop kamu. Untuk melihat detail informasi penyimpan kamu klik kanan mouse pada bagian disk 0 atau disk 1.

informasi partisi
Informasi Partisi

4. Terakhir di menu new volume properties dibagian general kamu akan melihat beberapa informasi kapasitas penyimpanan, kalau used space artinya ruang penyimpanan yang sudah kita gunakan sedangkan free space adalah daftar ruang penyimpanan kosong pada hardisk atau ssd.

2. Cara Cek Penyimpanan Laptop Lewat Menu This PC

Kalau menurut kamu cara yang pertama agak sulit dan ribet, kamu tidak perlu khawatir cara yang kedua ini kamu dapat dengan mudah cek penyimpanan laptop mu, untuk dapat mengecek sisa kapasitas penyimpanan laptop di windows 10 kita bisa mengetahuinya lewat menu this pc. yuk baca contoh cv bahasa inggris

file
File Explorer

1. Buka menu file explorer di menu bar windows 10.

this pc
Menu This PC

2. Kedua kalau kamu sudah berada di menu file explorer windows 10, klik this pc dan nantinya kamu akan menemukan beberapa informasi partisi hardisk atau ssd kamu tepatnya dibagian bawah devices and drives.

properties 2
klik properties

3. Ketiga kamu akan menemukan sisa penyimpanan yang sudah digunakan dan belum untuk lebih detailnya klik kanan mouse pada partisi penyimpanan lalu pilih properties

local disk c
Penyimpanan C

4. Dan terakhir kamu sudah berhasil melihat kapasitas penyimpanan laptop dan pc kamu pada partisi local disk C.

Baca Juga: aplikasi penghasil uang legal

Penutup

Sebenarnya masih banyak cara cek penyimpanan laptop yang saya ketahui, namun sementara segini dahulu.. untuk selanjutnya saya akan melakukan update artikel ini sesuai permintaan pembaca blog kami.

Share :

error: Content is protected !!